Virus Corona

Respons Maruf Amin soal Rumor Arab Saudi Tangguhkan Umrah Sepanjang 2020 karena Virus Corona

"Ya itu kan sebenarnya kita ingin umrah itu bisa (dilakukan kembali), tapi mereka punya pertimbangan untuk menyelamatkannya," katanya

Tribunnews.com/Reza Deni
Wapres Maru Amin di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau, Pekanbaru, Jumat (6/3/2020) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, PEKANBARU - Wakil Presiden Maruf Amin menanggapi soal beredar kabar bahwa pihak Arab Saudi menangguhkan ibadah umrah selama satu tahun karena virus corona. Menurut Maruf, pemerintah bisa memaklumi hal itu.

"Ya itu kan sebenarnya kita ingin umrah itu bisa (dilakukan kembali), tapi mereka punya pertimbangan untuk menyelamatkannya, karena sudah mulai ada yg terjangkit," kata Maruf di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau, Pekanbaru, Jumat (6/3/2020).

Baca: Pemerintah Arab Saudi Tutup Pintu Umrah, Pengusaha Travel Beberkan Nasib Jemaah & Ungkap Harapan Ini

Maruf mendengar bukan hanya umrah dari luar negeri yang ditangguhkan otoritas Saudi, tetapi juga untuk warga setempat.

"Karena untuk menghindarkan terjadi penularan, artinya mereka sendiri sangat masif untuk mencegah penyebarannya," lanjutna

Meski demikian, Wapres Maruf belum mengetahui apakah ditangguhkannya ibadah umrah akan berdampak kepada ibadah haji. Menurutnya, sampai hari ini untum haji belum ada perubahan.

"Haji masih persiapannya masih normal, tapi kita kan tentu lihat pada saatnya. Kalau memang jadi bahaya, tidak aman tentu keputusannya akan lain, sampai hari ini tidak ada perubahan," pungkasnya.

Sebelumnya, KJRI Jeddah membantah adanya kabar dari otoritas Arab Saudi yang mengumumkan penangguhan pelaksanaan umrah berlangsung selama setahun.

 Konsul Haji Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah Endang Jumali saat dikonfirmasi menegaskan, sampai saat ini belum ada informasi resmi dari Arab Saudi terkait hal itu.

Endang menuturkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Direktur Urusan Travel Umrah Saudi Abdurrahman Al Segaf dan memastikan bahwa berita tersebut tidak benar.

Halaman
123
Penulis: Reza Deni
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved