Eksklusif Tribunnews

Formula E Ditunda Ngegas di Kawasan Monas

Penyelenggaraan ajang balapan Formula E di Kawasan Monas, Jakarta ditunda. Alasannya karena wabah virus corona Covid-19.

Dok. Formula E Indonesia
Jalur Formula E yang diumumkan di Hotel Novotel, Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (14/2/2020) lalu. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Denis Destryawan, Lusius Genik

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-Penyelenggaraan ajang balapan Formula E di Kawasan Monas, Jakarta ditunda. Alasannya karena wabah virus corona Covid-19. Berdasarkan surat yang beredar dengan Nomor: 117/-1.857.73 yang ditandatangani oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, penyelenggaraan Formula E di Jakarta ditunda.
Tulisan itu diterbitkan pada Senin (9/3/2020).

Surat itu ditujukan kepada Organizing Committee Jakarta E-Prix. Dengan isi surat memberitahukan penundaan. "Mencermati perkembangan Covid-19 di berbagai belahan dunia khususnya di Jakarta, maka penyelenggaraan Formula E yang semula dijadwalkan pada bulan Juni 2020 agar ditunda pelaksanaannya," tulis surat tersebut.

Baca: Dua Pasien Positif Corona Tunjukan Tanda Kesembuhan, Tapi Harus Jalani Pemeriksaan Kedua

Diketahui surat itu ditujukan juga ke sejumlah pihak termasuk, Kementerian Sekretaris Negara, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, hingga Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka. Tribun Network masih berupaya mengonfirmasi surat ini ke pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Deputy Director Communications Formula E JakPro Hilbram Dunar mengungkapkan, Panitia Penyelenggara Organizing Committee (OC) Formula E Jakarta terus berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk mengambil langkah tepat demi kepentingan dan kebaikan bersama.

Baca: Presiden AS Donald Trump Diisukan Terinfeksi Corona, Menteri Kesehatan Inggris Positif Corona

Hal ini dilakukan menyikapi perkembangan di Tanah Air terkait merebaknya virus corona atau Covid-19 di tengah wacana penyelenggaraan balapan mobil listrik Formula E yang akan berlangsung di Jakarta pada 6 Juni 2020 mendatang. Koordinasi dengan para pemangku kepentingan ini dilakukan OC Formula E Jakarta pada Jumat (6/3) pekan lalu.

"Tiga bulan menjelang kejuaraan Formula E Jakarta, pada Jumat, OC berkomunikasi intensif bersama para pemangku kepentingan memantau situasi terkait Covid-19. Hal ini guna memastikan kepentingan keselamatan bersama sebagai prioritas," ungkap Hilbram ketika dihubungi Tribun, Selasa (10/3/2020).

Hilbram yakin penanganan terbaik terkait penyelenggaraan Formula E di Jakarta harus dibahas oleh semua pihak terkait. Pasalnya, virus corona semakin mengganas di dunia.

Baca: Kepengurusan Baru PAN di Bawah Zulkifli Hasan, Pak Amien Dapat Tempat Spesial

Berdasarkan pantauan terakhir hingga Jumat (6/3), kasus COVID-19 di seluruh dunia menyentuh angka 98.370. Angka tertinggi kasus virus corona berada di Cina, di urutan berikutnya yakni Korea Selatan kemudian disusul Italia.

Menurut data yang dirangkum Johns Hopkins CSSE, lanjut Hilbram, peningkatan kasus virus corona di dunia sangat signifikan dibanding pantauan tiga hari sebelumnya. Per Selasa (3/3/2020), kasus virus corona berada di angka 90.428.

Baca: Presiden AS Donald Trump Diisukan Terinfeksi Corona, Menteri Kesehatan Inggris Positif Corona

Halaman
12
Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Rachmat Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved