Breaking News:

Virus Corona

PKPI Ajak Masyarakat Bersama Pemerintah Gotong Royong Perangi Virus Corona

“Virus corona merupakan ancaman bersama, karena itu harus dilawan oleh semua eksponen bangsa, bukan hanya pemerintah," ucapnya

Frederic J. BROWN / AFP
Seorang pelancong internasional yang mengenakan masker di Bandara Internasional Los Angeles (LAX) pada 12 Maret 2020 sehari sebelum larangan bepergian penerbangan AS pada 26 negara Eropa sebagai bentuk pencegahan berkelanjutan terkait virus corona 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kasus virus corona atau Covid-19 tengah menjadi ancaman bagi hampir semua negara di Dunia.

Di Indonesia sendiri, pasien positif virus corona mencapai 1.046 kasus, dengan rincian 913 jalani perawatan, 87 meninggal dunia dan 46 dinyatakan negatif atau sembuh.

Baca: Viral Video Polisi Hentikan Resepsi Pernikahan di Jember, Ini Penjelasan Kapolsek

Melihat situasi tersebut, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) menyerukan agar seluruh lapisan masyarakat secara bahu-membahu dan gotong royong bersama pemerintah melawan virus corona 

“Virus corona merupakan ancaman bersama, karena itu harus dilawan oleh semua eksponen bangsa, bukan hanya pemerintah, melainkan juga swasta, ormas, parpol dan masyarakat," kata Bendahara Umum PKPI Iwan Bogananta dalam keterangannya, Jumat (27/3/2020).

Menurut Iwan, virus ini memiliki daya jangkau penyebaran yang masif sehingga kesuksesan menangani virus ini bergantung sinergi dan solidaritas dalam bergotong royong semua eksponen bangsa.

Itu sebabnya, harus ada sinergi dan gotong royong mengambil peran sesuai kapasitas dan kemampuannya.

“Semua eksponen punya peran, masyarakat misalnya, melalui pencegahan di tingkat komunitas, parpol dengan menggerakkan mesin partai untuk membantu mengatasi corona, swasta bisa mengucurkan CSR untuk membiayai kegiatan penyemprotan disinfektan, pembagian masker dan lain-lain,” tuturnya.

Bendahara Umum PKPI Iwan Bogananta dan Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Bendahara Umum PKPI Iwan Bogananta dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Istimewa)

Baca: Penjelasan RS soal Viralnya Kasus Kematian Pasien Positif Virus Corona di Tangerang

Jika ini bisa dilakukan, lanjut dia, penanganan wabah Corona akan masif dan terpadu yang dilakukan semua komponen bangsa.

“Apalagi, masyarakat kita memiliki jiwa gotong royong, sehingga saya yakin tinggal digerakkan dan dipancing kesadarannya untuk ikut berbuat membantu penanganan Corona,” ucapnya.

Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved