Virus Corona

228 ABK WNI Kapal Pesiar MSC Fantasia Telah Dipulangkan

Mereka juga telah menjalani tes kesehatan dan tidak memiliki gejala-gejala yang menunjukan terinfeksi virus corona (COVID-19).

Dok. KBRI Lisabone
Tercatat 228 awak kapal WNI di kapal pesiar MSC Fantasia telah dipulangkan menggunakan pesawat komersial Air Europa. Mereka tiba di Denpasar, Sabtu (04/04/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tercatat 228 awak buah kapal (ABK) warga negara Indonesia (WNI) di kapal pesiar MSC Fantasia telah dipulangkan ke Indonesia.

ABK WNI itu tiba di Denpasar, Bali, menggunakan pesawat komersial Air Europa, Sabtu (4/4/2020).

Mereka juga telah menjalani tes kesehatan dan tidak memiliki gejala-gejala yang menunjukan terinfeksi virus corona (COVID-19).

Demikian keterangan yang disampaikan Kementerian Luar Negeri (Kemlu RI), Senin (6/4/2020).

Baca: Menpan RB Imbau Jajaran ASN Gunakan Masker Saat Berkegiatan di Luar Rumah

Baca: Mudik ke Pontianak, Vokalis Band Lyla Berstatus ODP

I Made Sedana, seorang awak kapal MSC Fantasia, mengucapkan terima kasih atas dukungan dan fasilitas yang telah diberikan oleh KBRI Lisabon, sebelum keberangkatan pesawat Air Europa AEA672 dengan rute langsung Lisabon-Denpasar.

“Atas nama pribadi dan awak kapal WNI MSC Fantasia, kami menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan, dukungan dan fasilitasi yang telah diberikan oleh KBRI Lisabon selama proses pemulangan," ujarnya.

Pemulangan dilakukan karena pembatasan otoritas dunia terhadap perjalanan kapal pesiar sebagai respon pencegahan COVID-19. 

Selama proses pemulangan, KBRI Lisabon terus menjalin komunikasi dengan para awak kapal untuk memastikan kondisi kesehatan dan terpenuhinya hak-hak mereka.

Kapal pesiar MSC Fantasia membawa total 1.338 penumpang dan berlayar mulai dari Rio de Janeiro, Brazil, menuju Eropa dan berlabuh di Lisabon, Portugal. 

Penumpang dan awak kapal pesiar tersebut berasal dari 39 negara, antara lain negara-negara Uni Eropa, Inggris, Brazil, Australia, dan Filipina, 228 diantaranya adalah para WNI yang telah berhasil pulang ke tanah air.

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved