Breaking News:

PAN Reformasi Bisa Bersaing Jika Amien Rais Rebut Suara Akar Rumput Muhammadiyah

"Jadi rumusnya ambil basis massa PAN, yaitu basis massa Muhammadiyah," ucapnya

(ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR)
Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais (tengah) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat politik dari Al-Azhar Indonesia, Ujang Komaruddin menilai PAN Reformasi dapat bersaing dengan partai-partai lain jika Amien Rais dapat menarik suara di basis Muhammadiyah.

"Jika Amien Rais bisa mengambil massa grass root dari Muhammdiyah, maka tentu akan menggerus suara PAN," ujar Ujang kepada Tribun, Jakarta, Kamis (7/4/2020).

Baca: Jika Amien Rais Buat Partai Baru, Pengamat Sebut Suara PAN Otomatis Tergerus 

"Jadi rumusnya ambil basis massa PAN, yaitu basis massa Muhammadiyah, maka partai besutan Amien Rais atau PAN Reformasi akan bisa bersaing dengan partai-partai lain," sambung Ujang.

Pembentukan partai baru besutan Amien Rais atau disebut PAN Reformasi hanya tinggal menunggu waktu saja diwujudkan, setelah adanya konflik internal kubu Amien Rais dan Zulkufli Hasan.

"PAN Reformasi atau apapun namanya, hanya soal waktu akan didirikan oleh kubu Amien Rais. Sedikit atau banyak, besar atau kecil akan berdampak pada elektabilitas PAN di 2024," tuturnya.

Ujang pun menilai, pembentukan partai baru bisa dengan mudah diwujudkan karena loyalis dari Amien Rais di partai berlambang mahatari putih, masih sangat banyak.

"Loyalis Amien Rais di PAN masih banyak dan Amien Rais juga masih dihormati oleh warga Muhammadiyah," ucap Ujang.

Mundurnya, Hanafi Rais dari Partai Amanat Nasional (PAN) dan sebagai anggota DPR dinilai menjadi penyemangat loyalis Amien Rais membentuk PAN Reformasi.

Politikus senior PAN Putra Jaya Husin mengatakan, mundurnya Hanafi mempengaruhi kader-kader yang kecewa dengan PAN saat ini untuk mempercepat pembentukan partai baru atau PAN reformasi.

Halaman
1234
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved