Breaking News:

Nasib WNI di Kapal Asing

Menlu RI Minta Tiongkok Usut Tuntas Kasus Eksploitasi ABK Asal Indonesia

Indonesia meminta pemerintah Tiongkok mengusut kasus pelanggaran hak asasi manusi (HAM) terhadap anak buah kapal (ABK) Indonesia secara total.

Tribunnews.com/ Larasati Dyah Utami
Menteri luar negeri Republik Indonesia (Menlu RI) dalam konferensi pers daring bersama media internasional, Kamis (14/5/2020) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Indonesia meminta pemerintah Tiongkok mengusut kasus pelanggaran hak asasi manusi (HAM) terhadap anak buah kapal (ABK) Indonesia secara total.

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI), Retno Marsudi dalam konferensi pers daring dengan media internasional berharap pemerintah Tiongkok dapat memenuhi janjinya.

“Saya benar-benar berharap, bahwa pemerintah Tiongkok akan memenuhi janji mereka untuk menyelidiki kasus ini secara total,” ujar Retno Marsudi di Jakarta, Kamis (14/5/2020).

Baca: Anies Cantumkan Denda di Pergub Sanksi PSBB, Ketua FAKTA: Itu Melanggar UU, Harusnya Bikin Perda

Di depan media asing, Retno Marsudi menegaskan komitmennya untuk menindaklanjuti masalah ini melalui proses hukum, baik oleh pihak berwenang di Indonesia maupun oleh otoritas Tiongkok.

Pada hari Minggu (10/5/2020) Menlu telah mengumpulkan sejumlah informasi terkait apa yang mereka dihadapi para ABK Indonesia selama bekerja di kapal ikan.

Sebelumnya menemui kru kapal pada Minggu lalu, Menlu juga telah bertemu dengan tim investigasi Kepolisian RI dan kembali melakukan pertemuan dengan tim investigasi dengan Kepolisian RI kemarin, Rabu (13/5/2020).

Baca: Ridwan Kamil Sebut Relaksasi Transportasi Umum Kurang Menguntungkan Dari Sisi Kesehatan,

“Saya mengadakan pertemuan dengan tim Investigasi dan langsung dipimpin oleh kepala agen investigasi kriminal, dan saya sangat senang mendengar komitmen kuat polisi untuk menindaklanjuti kasus-kasus tersebut,” katanya

Duta Besar RI di Beijing juga telah melakukan pertemuan dengan Kemlu Tiongkok untuk menindaklanjuti kasus pelanggaran HAM tersebut pada Senin (11/5/2020).

Baca: Update 14 Mei 2020: Peta Sebaran Pasien Positif Virus Corona di 34 Provinsi Indonesia

Pemerintah Indonesia menegaskan komitmennya untuk memastikan hak-hak para ABK Indonesia terpenuhi.

Halaman
123
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved