Breaking News:

Kepala Staf Angkatan Udara

KSAU Fadjar Prasetyo Pastikan Pengamanan Udara RI Terus Ditingkatkan Saat Pandemi Corona

Kepala Staf Angakatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo akan memprioritaskan target pengamanan udara RI di perbatasan.

(Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Kepala Staf Angakatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. (Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Angakatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo akan memprioritaskan target pengamanan udara RI di perbatasan.

Ia juga memastikan, pengamanan udara disaat pandemi virus corona atau Covid-19 sekarang ini.

Hal itu disampaikan Fadjar usai dilantik Presiden Jokowi menjadi KSAU di Istana Negara, Jakarta, Rabu (20/5/2020).

"Ada beberapa penekanan khususnya TNI AU adalah pengamanan wilayah udara di perbatasan dan ini akan saya tindak lanjuti meskipun situasi sedang seperti ini, sedang ada pandemi Covid-19 di mana dunia semua merasakan. Tapi kesiapsiagaan kami akan tetap dan terus ditingkatkan," kata Fadjar.

Baca: 25 Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2020 Berbahasa Inggris dan Indonesia Cocok Buat Update Status

Lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1988 ini juga menyebut, tidak ada perubahan rencana pengamanan yang strategis meski tengah berhadapan dengan pandemi corona.

Fadjar menyebut, strategi pengamanan udara TNI AU tetap berbasis pada kadar ancaman yang dihadapi.

Laksamana TNI Yudo Margono (kiri) dan Marsekal TNI Fadjar Prasetyo (kanan) membaca sumpah saat dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (20/05/2020). Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Laksamana TNI Yudo Margono sebagai KSAL dan Marsekal TNI Fadjar Prasetyo sebagai KSAU. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/POOL
Laksamana TNI Yudo Margono (kiri) dan Marsekal TNI Fadjar Prasetyo (kanan) membaca sumpah saat dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (20/05/2020). Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Laksamana TNI Yudo Margono sebagai KSAL dan Marsekal TNI Fadjar Prasetyo sebagai KSAU. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/POOL (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/POOL)

"Strategi pengamanan dihadapkan dengan ancaman, dimana kalau ancaman belum ada, kami akan tetap melaksanakan strategi operasi rutin tapi kalau ada peningkatan kami sudah ada rencana kontingensinya," ucap Fadjar.

Baca: Wakil Ketua MPR Minta Pemerintah Konsisten soal Pembatasan

Terkait alutsista, kata Fadjar, TNI AU menyerahkannya pada rencana strategis tahap III yang berlangsung pada 2020-2024.

Anggaran yang ada pun masih terus dibicarakan dengan Kementerian Pertahanan, Markas Besar TNI, dan Markas Besar TNI AU.

"Program alutsista sudah diprogramkan Kemhan, Mabes TNI dan Mabes Angkatan, akan terus dibicarakan dan menyesuaikan dengan situasi anggaran," jelasnya.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved