Breaking News:

Virus Corona

Jawa Timur Pecah Rekor! Lonjakan Kasus Baru Covid-19 Tertinggi di Indonesia

Total terkonfirmasi positif terkena Covid-19 di seluruh Indonesia per Kamis kemarin mencapai 20.162 orang.

Dok.
Achmad Yurianto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Provinsi Jawa Timur memecahkan rekor kenaikan tertinggi jumlah kasus positif warganya yang terinfeksi virus Covid-19 di Indonesia berdasarkan data BNPB.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengatakan, peningkatan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 per Kamis (21/5/2020) kemarin merupakan yang tertinggi selama dua bulan terakhir, yakni mencapai 973 orang.

Dengan demikian, total terkonfirmasi positif terkena Covid-19 di seluruh Indonesia per Kamis kemarin mencapai 20.162 orang.

Berdasarkan datanya, wilayah yang mengalami peningkatan kasus positif terbanyak adalah Provinsi Jawa Timur dengan penambahan sebanyak 502 orang, sehingga totalnya menjadi 2.998 di provinsi ini saja.

"Hari ini meningkat 973 orang. Peningkatan ini luar biasa dan peningkatan inilah yang tertinggi. Peningkatan tertinggi ini ada di Jawa Timur khususnya, sehingga total (seluruh provinsi) menjadi 20.162 orang,” ungkap  Achmad Yurianto dalam keterangan resmi di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Kamis (21/5/2020).

Baca: Ada PSBB Warga Berjubel di Pasar, Wali Kota Bogor Bima Arya: Marah Iya, Kesel Iya. . .

Yuri menjelaskan, adanya peningkatan tersebut disebabkan karena banyaknya kelompok rentan yang tertular dari orang yang membawa virus corona jenis baru.

Sementara itu, hingga hari ini belum dapat diketahui siapa saja orang-orang pembawa atau carrier virus ini, sebab banyak orang yang positif namun tanpa gejala atau tidak terlihat sakit.

Baca: Soal Penanganan Corona, Menteri Luhut Bantah Pemerintah Tidak Konsisten

"Peningkatan hari ini adalah peningkatan yang tertinggi. Maka dari itu, mari kembali kepada hal yang mendasar bahwa kasus baru ini muncul akibat adanya kelompok rentan, yang tertular orang lain yang membawa penyakit ini," ujarnya.

Baca: Hikmah Pandemi Corona di Mata Natasha Rizky: Bisa 24 Jam Full Jalani Peran Istri dan Juga Ibu

Sementara, orang yang kita lihat siapa yang membawa penyakit ini sangat sulit untuk bisa didapatkan.

Yuri memperingatkan, menjalankan protokol kesehatan menjadi hal terpenting yang harus dilakukan seperti mencuci tangan dengan air yang mengalir, memakai masker, jaga jarak, hindari berkerumunan dan tetap di rumah.

Baca: Terpapar Corona, Penjualan Truk Fuso Turun 28 Persen

Halaman
12
Penulis: Yulis Sulistyawan
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved