Virus Corona

Hampir 800 Orang Ikuti Swab Test BNI Tanpa Dipungut Biaya

Dalam rangkaian kegiatannya, BNI memberikan bantuan tanggap darurat wabah pandemi Covid-19 BNI Berbagi, sebagai tahapan awal

TRIBUN/HO
Petugas medis melakukan swab test kepada warga pada Program BNI Berbagi Swab Test di Jakarta, Rabu (20/5/2020). BNI bekerja sama dengan jaringan Rumah Sakit Bunda dan JSK Group menggelar swab test COVID-19 secara gratis untuk 30.000 peserta. TRIBUNNEWS/HO 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (BNI) Persero Tbk baru saja menggelar swab test gratis bagi masyarakat, sebagai bentuk komitmen perseroan dalam mendukung pemerintah mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Kegiatan swab test ini dilakukan selama 2 hari yakni pada 22 dan 23 Mei 2020 di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat. Nyaris 800 orang telah memanfaatkan fasilitas gratis yang diberikan oleh perseroan untuk melakukan deteksi dini terkait gejala virus corona.

Program swab test ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan komprehensif yang dilakukan perseroan sejak awal 2020. Seperti yang disampaikan Direktur Human Capital dan Kepatuhan BNI, Bob T Ananta dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (23/5/2020).

Baca: Virus Corona tak Berpengaruh Warga Kunjungi Mal Sehari Jelang Lebaran

"Untuk peserta tes swab gratis, kami seleksi dengan tujuan membantu masyarakat yang membutuhkan sekaligus memberikan informasi kepada pihak-pihak terkait untuk pemetaan dan penanggulangan Covid-19 di Indonesia," ujar Bob.

Perlu diketahui, dalam rangkaian kegiatannya, BNI memberikan bantuan tanggap darurat wabah pandemi Covid-19 BNI Berbagi, sebagai tahapan awal.

Bob pun berharap kegiatan tersebut tidak hanya dapat membantu mencegah penyebaran virus ini di dalam negeri saja, namun juga di luar negeri khususnya bagi para pekerja migran Indonesia (PMI) di Hong Kong dan Singapura.

Pada tahapan awal itu, perseroan menyalurkan sejumlah bantuan, mulai dari masker, alat pelindung diri (APD) tenaga kesehatan, hand sanitizer, sarung tangan, vitamin C, vitamin B, madu, hingga mobil ambulans.

Kemudian pada tahapan kedua, BNI juga turut menyediakan alat rapid test yang didistribusikan ke berbagai daerah.

Baca: Kemnaker Gandeng BNI Salurkan Donasi Diaspora Peduli

Selanjutnya, perseroan melanjutkan pada Program BNI Berbagi Swab Test yang disiapkan untuk 30.000 orang di sejumlah kota di tanah air.

Pada program ini, BNI juga menyumbangkan mesin diagnosa swab test Polymerase Chain Reaction (PCR) ke sejumlah pemerintah daerah.

Tidak hanya itu, alat penunjang medis seperti ventilator dan ambulans pun turut disumbangkan pula ke sejumlah rumah sakit. Pelaksanaan Program BNI Berbagi Swab Test ini pun didukung tenaga profesional serta peralatan yang canggih, sehingga prosesnya berlangsung sangat cepat.

Baca: Pesan Idul Fitri dari Menteri Agama: Mari Bahagia Sambut Idul Fitri Meski dalam Pandemi Corona

Mulai dari registrasi ulang hingga pengambilan sampel, hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari lima menit.

Hasilnya pun bisa diketahui kurang dari seminggu, yakni sekitar 3 sampai 4 hari.

Swab test merupakan sistem pemeriksaan akurat yang digunakan untuk mengetahui apakah seseorang positif atau negatif terinfeksi corona.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved