Breaking News:

Prakiraan Cuaca

Peringatan Dini Cuaca BMKG Sabtu, 30 Mei 2020: Jawa Timur Waspada Hujan Lebat Disertai Petir

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca yang berlaku Sabtu, 30 Mei 2020, melalui laman resmi bmkg.go.id

Tribunnews.com
Ilustrasi Cuaca - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca yang berlaku Sabtu, 30 Mei 2020, melalui laman resmi bmkg.go.id. 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca yang berlaku Sabtu, 30 Mei 2020.

Peringatan dini cuaca BMKG ini dirilis melalui laman resminya bmkg.go.id.

Terdapat 12 wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang atau kilat/petir, termasuk Jawa Timur.

Ilustrasi peringatan dini cuaca
Ilustrasi Peringatan Dini Cuaca BMKG Sabtu, 30 Mei 2020: Jawa Timur Waspada Hujan Lebat Disertai Petir (pixabay.com/Free-Photos)

Dalam narasinya, BMKG menjelaskan, daerah sirkulasi Siklonik terpantau di Samudera Hindia Barat Sumatera, Laut Jawa, Samudera Hindia Selatan Pulau Sumba, dan Kalimantan bagian Timur.

Baca: Prakiraan Cuaca BMKG 33 Kota di Indonesia Sabtu, 30 Mei 2020: Jakarta Pusat Potensi Hujan Ringan

Hal itu membentuk daerah konvergensi yang memanjang di Samudera Hindia Barat Bengkulu, dari Laut Arafuru hingga Per. Kep. Aru, di Laut Seram, di Samudera Hindia Selatan NTT, dan dari Kalimantan Utara hingga Kalimantan Timur.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi hujan di sekitar daerah siklonik dan sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Daerah konvergensi juga terpantau di Perairan Selatan Jawa dan Pesisir Utara Papua Nugini yang dapat meningkatkan potensi hujan di sekitar daerah konvergensi tersebut.

Labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal terdapat di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Lampung, Kep. Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Papua Barat, dan Papua.

Berikut peringatan dini BMKG, Sabtu (30/5/2020), yang Tribunnews.com kutip dari bmkg.go.id:

Wilayah berpotensi hujan lebat

Halaman
1234
Penulis: Arif Fajar Nasucha
Editor: Pravitri Retno Widyastuti
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved