Breaking News:

Anak-anak Dilarang ke Kebun Binatang saat New Normal, Sosiolog: Tugas Orang Tua

Menurutnya, orang tua berperan untuk mengedukasi anak-anak terkait kebijakan dari pemerintah dalam hal penerapan protokol kesehatan menuju new normal.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Seekor panda betina Hu Chun berada di area exhibit Istana Panda Indonesia, Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (2/11/2017). Panda jantan Cai Tao dan panda betina Hu Chun yang tiba di Indonesia pada 28 September 2017 lalu itu telah selesai menjalani masa karantina guna memastikan dapat beradaptasi dengan baik dan layak dengan iklim, cuaca, lingkungan, dan habitat di Cisarua, Bogor serta siap diperkenalkan kepada masyarakat. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM –  Sosiolog Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Dr. Argyo Demartoto, M.Si., angkat bicara mengenai kebijakan anak-anak hingga lansia dilarang mengunjungi kebun binatang.

Menurutnya, orang tua berperan untuk mengedukasi anak-anak terkait kebijakan dari pemerintah dalam hal penerapan protokol kesehatan menuju new normal.

Adapun seperti yang telah diumumkan beberapa pemerintah daerah, tidak memperbolehkan anak-anak hingga lansia mengakses tempat rekreasi hingga kebun binatang.

Satu di antaranya adalah yang dilakukan Gubernur Pemprov DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengeluarkan protokol lengkap selama diterapkannya masa transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah DKI Jakarta.

Dikutip dari rilis dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta,  tempat hiburan dan kebun binatang membatasi jumlah pengunjung/tamu maksimal 50 persen dari Kapasitas.

Lalu Pemprov juga tidak memperbolehkan anak-anak dan lansia berkunjung ke kebun binatang.

Menanggapi kebijakan tersebut, sosiolog UNS, Argyo berkomentar.

Dilihat dari kacamata sosilog, menurut Argyo warga harus membatasi diri di tengah pandemi Covid-19.

Seperti bepergian dan berekreasi.

Terutama khusus untuk para orang tua, dirinya berpesan agar memberikan edukasi dan pengertian kepada anak-anaknya.

Baca: Objek Wisata Dibuka saat New Normal, Pengelola dan Petugas Wajib Ikut Pelatihan

Halaman
123
Penulis: Facundo Chrysnha Pradipha
Editor: Ifa Nabila
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved