Breaking News:

Mobil Kepresidenan

Penjelasan Pertamina soal Mobil Wapres Isi Bensin dari Jeriken di Pinggir Jalan

Ini dilakukan karena rombongan tidak menemukan ada SPBU yang menjual bahan bakar sesuai kriteria

kolase tribunnews
Tangkap layar mobil wapres diisi BBM dari jerigen 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region III memberikan penjelasan terkait viralnya berita kendaraan Wakil Presiden RI yang mengisi bensin dari jeriken di pinggir jalan.

Unit Manager Communication Relations dan CSR MOR III Dewi Sri Utami mengatakan pengisian bensin jeriken menjadi alternatif, karena agenda kegiatan Wapres yang cukup padat saat kunjungannya ke Sukabumi pada 8 Juli 2020.

Baca: Pengamat: IPO Subholding Pertamina Sudah Sesuai Amanah Konstitusi

Menurutnya, pengisian BBM dengan jeriken di sela perjalanan dilakukan untuk mengantisipasi keterbatasan waktu karena jalan yang macet pada pagi dan sore hari, serta bertepatan dengan waktu pergantian jam kerja pabrik.

"Kendaraan Wapres perlu cepat mengisi BBM, sehingga kami telah berkoordinasi dengan pihak Sekretariat Wakil Presiden untuk dilakukan pengisian dengan jeriken BBM jenis Pertamax Turbo dari SPBU terdekat,” jelas Dewi Sri dalam keterangan yang diterima Tribunnews, Sabtu (11/7/2020).

Dia bilang, kondisi tidak memungkinkan untuk iring-iringan mengisi ke SPBU yang berjarak tidak kurang dari radius 5 km di mana tersedia Pertamax dan Pertamax Turbo.

"Alhasil pihak Setwapres yang mendatangkan BBM ke lokasi," terang Dewi Sri.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) Mohamad Oemar sebelumnya juga memberikan klarifikasi atas beredarnya video mobil VVIP berpelat nomor RI 2 sedang mengisi bensin dari jeriken di pinggir jalan.

"Mobil dinas yang terlihat tengah diisi BBM-nya berfungsi sebagai kendaraan VVIP cadangan dalam rangkaian resmi rombongan Wakil Presiden," ujar Oemar dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (11/7/2020).

Dia melanjutkan, dalam setiap rangkaian VVIP rombongan Wakil Presiden, selalu disiapkan BBM cadangan dalam jeriken di mobil teknisi.

Saat diperlukan pengisian BBM dan tidak tersedia BBM yang sesuai dengan spesifikasi mobil VVIP di SPBU setempat.

Dengan demikian, BBM cadangan yang telah disiapkan itu pun kemudian digunakan.

BBM itu diisi dengan menggunakan jeriken di pinggir jalan.

Baca: VIRAL Video Mobil Wapres Maruf Amin Diisi BBM dari Jerigen di Pinggir Jalan, Ini Fakta Sebenarnya

Ini dilakukan karena rombongan tidak menemukan ada SPBU yang menjual bahan bakar sesuai kriteria.

"Pengisian BBM dari jeriken dilakukan karena tidak adanya SPBU yang memiliki bahan bakar minyak (BBM) sesuai kriteria mobil VVIP. Bukan karena mobil tersebut kehabisan BBM," ujar Oemar.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved