Breaking News:

Virus Corona

Pusat Perbelanjaan Harus Terapkan Protokol Kesehatan untuk Cegah Penyebaran Covid-19

Selain menerapkan protokol kesehatan bagi pengunjung, para pegawai toko sebelumnya telah melakukan rapid test agar bisa kembali bekerja.

DOK. BNPB/Toto Satrio
Zainah Fitriah, anggota Junior Doctors Network Indonesia. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bagi sebagian orang, mendatangi pusat perbelanjaan seperti Departement Store atau mal menjadi salah satu kegiatan yang menghibur. Berkunjung ke pusat perbelanjaan jadi ajang rekreasi selain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau sekedar makan bersama dengan keluarga dan kolega.

Di bukanya kembali fasilitas publik tentunya memiliki risiko penularan virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19. Untuk mengurangi risiko tersebut, pemilik toko dan manajemen mal menerapkan protokol kesehatan yang tepat.

"Sejak dibuka tanggal 23 juni, kami sudah melakukan protokol kesehatan. Semua orang yang masuk ke toko dipastikan suhu badannya dibawah 37.3 derajat," ungkap Christina saat melakukan dialog melalui ruang digital di Media Center Gugus Tugas Nasional, Minggu (12/7/2020).

Dia menjelaskan, meskipun sebelum masuk mal sudah dicek, pihaknya tetap kembali mengecek kembali suhu pengunjung sebelum masuk toko dan wajib mengenakan masker jika tidak pakai masker tidak diperbolehkan masuk kedalam toko.

"Selain itu di dalam toko disediakan hand sanitizer dan menerapkan sistem cashless dengan menggunakan kartu kredit dan dompet elektronik untuk meminimalisir pertukaran uang yang menjadi salah satu sumber penularan," lanjutnya.

Baca: Gubernur Anies Singgung Disiplin dan Rem Darurat Tanggapi Lonjakan Drastis Kasus Covid-19 di DKI

Selain menerapkan protokol kesehatan bagi pengunjung, para pegawai toko sebelumnya telah melakukan rapid test agar bisa kembali bekerja dan menggunakan masker ketika bekerja.

Baca: Minggu, 12 Juli 2020 Jawa Timur Juara Nasional Penambahan Tertinggi Kasus Positif Covid-19

"Untuk pegawai telah melakukan rapid test dan konsultasi dokter yang ditanggung oleh perusahaan, selain itu juga menggunakan masker dan face shield ketika bekerja," ucapnya.

Baca: Kenakan Face Shield Tapi Nggak Pakai Masker, Perlindungan Terhadap Covid-19 Tidak Akan Maksimal

Christina yang memiliki enam toko di berbagai daerah di Indonesia ini menambahkan, kebersihan toko juga sangat diperhatikan dengan melakukan pembersihan lebih sering dari biasanya dengan membersihkan toko sehari tiga kali.

Dia menganjurkan kepada para pengunjung untuk berbelanja secara online untuk menghindari kerumunan.

"Sekarang kami lebih mendorong masyarakat untuk membeli secara online dan berbelanja dari rumah dengan memberikan promo dan fasilitas agar lebih tertarik belanja melalui online. Promosi gratis pengiriman ketika berbelanja dengan harga tertentu dan dengan pengiriman ojek online agar barang lebih cepat sampai ke pembeli," katanya.

Halaman
12
Penulis: Yulis
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved