Breaking News:

KPK Eksekusi Mantan Wali Kota Medan Tengku Dzulmi Eldin ke Lapas Tanjung Gusta

KPK mengeksekusi bekas Wali Kota Medan Tengku Dzulmi Eldin ke Lembaga Pemasyakatan (Lapas) Tanjung Gusta, Kamis (16/7/2020).

Tribunnews/Irwan Rismawan
Mantan Wali Kota Medan, Tengku Dzulmi Eldin. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jaksa Eksekutor pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengeksekusi bekas Wali Kota Medan Tengku Dzulmi Eldin ke Lembaga Pemasyakatan (Lapas) Tanjung Gusta, Kamis (16/7/2020).

Syaiful merupakan terpidana kasus suap dan gratifikasi terkait urusan proyek dan jabatan di Pemerintahan Kota Medan tahun 2019.

Ia dieksekusi lantaran kasus yang menjeratnya sudah berkekuatan hukum tetap.

"Jaksa Eksekusi KPK Medi Iskandar Zulkarnain telah melaksanakan eksekusi putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Medan Nomor: 18/Pid.Sus-TPK/2020/PN.Mdn tanggal 11 Juni 2020 atas nama terdakwa Dzulmi Eldin S," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya.

Baca: BREAKING NEWS: Wali Kota Medan Nonaktif Dzulmi Eldin Divonis Penjara 6 Tahun

"Dia dimasukkan ke Lembaga Pemasyarakatan Tanjung Gusta untuk menjalani pidana penjara selama 6 tahun dikurangi selama berada dalam tahanan," tambahnya.

Sebelumnya, berdasarkan putusan Majelis Hakim PN Tipikor Medan, Dzulmi Eldin dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama, pidana penjara selama 6 tahun dan pidana denda sejumlah Rp500.000.000.

Dengan ketentuan apabila pidana denda tersebut tidak dibayar oleh Dzulmi, maka diganti dengan pidana kurungan selama 4 bulan dan hukuman tambahan kepadanya berupa pencabutan hak untuk dipilih dalam jabatan publik selama 4 tahun setelah dia selesai menjalani pidana pokok.

Baca: Disarankan Sidang Secara Online, Pengadilan Dzulmi Eldin, Terdakwa di Lapas, Saksi di Rumah

KPK menetapkan Dzulmi Eldin menjadi tersangka kasus dugaan suap dari eks Kepala Dinas PUPR Kota Medan Isa Ansyari.

Dzulmi diduga menerima suap sebesar Rp380 juta sejak Februari hingga September 2019.

Halaman
12
Berita Populer
Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved