Breaking News:

Virus Corona

Menko PMK Minta BPJS Kesehatan Percepat Verifikasi Klaim Penanganan Covid-19

Prosedur verifikasi klaim ini dipercepat agar pencairan insentif bagi tenaga kesehatan yang terlibat dalam penanganan Covid-19

Istimewa/ Humas Kemenko PMK
Menko PMK Muhadjir Effendy. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meminta BPJS Kesehatan mempercepat proses verifikasi klaim rumah sakit yang mendapatkan pergantian biaya dalam pelayanan pasien Covid-19.

Prosedur verifikasi klaim ini dipercepat agar pencairan insentif bagi tenaga kesehatan yang terlibat dalam penanganan Covid-19 bisa segera terealisasi.

"Saya minta ini (verifikasi klaim RS) untuk dipercepat. Karena banyak sekali tenaga kesehatan (nakes) yang terlibat," ujar Muhadjir melalui keterangan tertulis, Kamis (16/7/2020).

Baca: Bukan Anies, Ridwan Kamil atau Ganjar: Ini Lima Gubernur yang Disebut Jokowi Sukses Tangani Covid-19

Muhadjir mengatakan pemerintah berfokus untuk melindungi tiga kelompok masyarakat dari Covid-19. Kelompok pertama adalah tenaga kesehatan, lalu orang yang memiliki penyakit penyerta (komorbid), dan ketiga yaitu kaum lansia dan memiliki penyakit bawaan.

Muhadjir mengatakan, pemerintah memberikan perhatian untuk melindungi tenaga kesehatan.

"Kalau melawan covid ini adalah perang, itu tenaga kesehatan adalah 'the queen of the battle'. Jadi yang pertama yang harus dilindungi," kata Muhadjir.

Baca: Daftar 7 Kecamatan di Kota Bandung Kategori Zona Biru, Tak Ada Pasien Positif Aktif Covid-19

Tiga kelompok tersebut menurutnya adalah yang harus dilindungi dan dijauhkan dari ancaman Covid-19.

Dirinya meminta seluruh tenaga kesehatan untuk mengutamakan keselamatan dengan mematuhi protokol kesehatan, termasuk penggunaan alat pelindung diri.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved