Breaking News:

Virus Corona

Smeru Institute Laporkan Hasil Studi tentang Program Keluarga Harapan dan Sembako di Masa Covid 19

Peneliti Smeru Hastuti menjelaskan hasil studi Smeru tentang pelaksanaan program keluarga harapan (PKH) dan program sembako

WARTAKOTA/Nur Ichsan
ILUSTRASI - Sebanyak 330 orang warga dari keluarga penerima manfaat di wilayah Duri Selatan, Tambora, Jakarta Barat, menerima bantuan paket sembako dari Kementerian Sosial RI melalui E -Warong Kenanga, Jumat (10/7/2020). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Mafani Fidesya Hutauruk

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - The Smeru Research Institute mengadakan webinar yang mendiskusikan Implementasi Program Perlindungan Sosial di Masa Pandemi Covid-19 pada Jumat, (17/07/2020).

Peneliti Smeru Hastuti menjelaskan hasil studi Smeru tentang pelaksanaan program keluarga harapan (PKH) dan program sembako dalam kerangka mitigasi dampak covid-19.

Menurut penelitian dampak pandemi covid-19 tidak hanya berdampak negatif bukan hanya terhadap sektor kesehatan melainkan sektor sosial ekonomi.

"Dalam upaya menangani dampak covid-19 pemerintah telah berkomitmen dengan menyediakan anggaran sebesar 695.2 Triliun yang diperuntukkan bagi 6 sektor penanganan," ucap Hastuti.

Baca: Pastikan Bansos Tepat Sasaran, Mensos Audit Ketat Vendor Penyedia Komuditas Bansos Sembako

Dari 6 sektor tersebut alokasi tertinggi yaitu untuk program perlindungan sosial dengan mencapai203.9 Triliun Rupiah (29.3%).

Dari program perlindungan tersebut ada 8 program, yang mendapatkan alokasi terbesar adalah program sembako dan PKH.

Program sembako mendapatkan alokasi anggaran sebesar 43.6 Triliun atau sekitar 21.4% dan PKH memiliki anggaran 37.4 triliun (18.3%).

Baca: Survei Alvara: Bantuan Tunai dan Sembako Paling Diinginkan Publik Selama Pandemi Covid-19

Sebenarnya program sembako dan PKH program yang sudah lama dijalankan namun dalam pandemi covid-19 dilakukan beberapa penyesuaian.

Penyesuaian tersebut ada pada jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) dan nilai bantuan serta frekuensi pencairan.

Halaman
12
Penulis: Mafani Fidesya Hutauruk
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved