Breaking News:

Idul Adha 2020

Idul Adha 2020: Tata Cara dan Adab Menyembelih Hewan Kurban Sesuai Sunah Nabi Muhammad SAW

Bagi Anda yang menjadi panitia penyembelihan hewan qurban,wajib tahu tata cara dan adab menyembelih hewan kurban sesuai sunah sunah Rasul.

TRIBUN JABAR/TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
PRAKTIK SEMBELIH HEWAN KURBAN - Siswa mempraktikan proses menyembelih hewan kurban pada Workshop Penyembelihan Hewan Kurban Bagi Siswa SMA di halaman SMA Darul Hikam, Jalan Tubagus Ismail, Kota Bandung, Kamis (8/9/2016). Kegiatan yang diselenggarakan jelang Hari Raya Idul Adha itu diikuti 150 siswa SMA/SMK di Kota Bandung dengan kegiatan pemahaman materi prinsip-prinsip kesejahteraan hewan (animal welfare) dan dilanjutkan dengan praktek penanganan dan penyembelihan hewan kurban sesuai dengan kode etik kedokteran (veteriner). 

TRIBUNNEWS.COM - Tiap bulan Dzulhijjah umat Islam melakukan ibadah haji.

Ada amalan sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah Muhammad SAW, yaitu menyembelih hewan kurban.

Menyembelih kurban hukumnya wajib bagi yang mampu.

Bagi Anda yang menjadi panitia penyembelihan hewan qurban, pada Idul Adha 1441 H wajib tahu tata cara dan adab menyembelih hewan kurban sesuai sunah Rasulullah Muhammad SAW.

Tujuannya agar hewan kurban yang disembelih sah untuk dikonsumsi.

Dalam artikel yang dibagikan Ustadz Abu Hashif Wahyudin Al-Bimawi di forum kajian Islam, menjelaskan fikih kurban bab tata cara menyembelih hewan kurban sesuai sunah Rasulullah Muhammad SAW.

Dia menjelaskan, ada dua tata cara menyembelih hewan kurban, dan keduanya ada dalam keterangan hadis Rasulullah.

Pekerja memberi pakan sapi kurban yang dijual di area parkir Balonggede, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (15/7/2020). Jelang Hari Raya Iduladha 2020, penjual hewan kurban di Kota Bandung mulai bermunculan. Seperti di tempat ini yang sudah menyiapkan sekitar 25 ekor sapi kurban yang berasal dari sejumlah daerah di Jawa Barat itu, dijual dengan harga terendah Rp 18,5 juta dan tertinggi Rp 26 juta. Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Pekerja memberi pakan sapi kurban yang dijual di area parkir Balonggede, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (15/7/2020). Jelang Hari Raya Iduladha 2020, penjual hewan kurban di Kota Bandung mulai bermunculan. Seperti di tempat ini yang sudah menyiapkan sekitar 25 ekor sapi kurban yang berasal dari sejumlah daerah di Jawa Barat itu, dijual dengan harga terendah Rp 18,5 juta dan tertinggi Rp 26 juta.  (Tribun Jabar/Gani Kurniawan)

Baca: Hari Ini Terakhir Potong Kuku & Rambut Bagi yang Hendak Berkurban, Lengkap dengan Niat Puasa Arafah

Baca: Jadwal Puasa Arafah dan Dzulhijjah, Disertai dengan Bacaan Niat Arab Latin dan Keutamaanya

Pertama, menyembelih hewan dengan melukai bagian tempat kalung (pangkal leher).

Ini adalah cara menyembelih hewan unta.

Allah Subhaanahu Wa Ta'ala berfirman,

Halaman
1234
Editor: bunga pradipta p
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved