Breaking News:

Idul Adha 2020

Panduan Memilih Hewan Kurban Idul Adha Sesuai Protokol Kesehatan dari Dinas Peternakan

Idul Adha dirayakan dengan menyembelih hewan qurban, berikut tips memilih hewan qurban untuk disembelih menurut dinas peternakan dan kesehatan hewan.

WARTAKOTA/Nur Ichsan
HEWAN KURBAN - Tim kesehatan hewan dinas ketahanan pangan (DKP) Kota Tangerang, memeriksa kesehatan hewan kurban di sejumlah lapak di Kota Tangerang, Selasa (21/7/2020). Pemeriksaan hewan kurban yang meliputi mulut, hidung, kuku dan mata ini dilakukan agar hewan kurban ini layak untuk dijual jelang perayaan Idul Adha. 

TRIBUNNEWS.COM - Hari Raya Idul Adha atau Idul Kurban diperingati dan dirayakan setiap 10 Dzulhijjah.

Pada tahun ini, Idul Adha 1441 H jatuh pada Jumat, 31 Juli 2020.

Pada masa tatanan kenormalan baru (New Normal)  ada peraturan kegiatan yang disesuaikan dengan penerapan protokol kesehatan.

Hal ini dilakukan sebagai langkah pencegahan penularan dan penyebaran Covid-19.

Selain harus mematuhi aturan dari protokol kesehatan, bagi seluruh umat muslim yang hendak berkurban harus memilih hewan kurban sesuai syariatnya.

Dilansirbaznas.go.id, untuk kurban, hewan yang diperbolehkan adalah sapi dan kambing, yang umurnya 2 tahun memasuki umur ke-3.

Domba juga diperbolehkan, yakni yang memasuki tahun ke-2, sedangkan unta yang diperbolehkan adalah yang berusia 5 tahun dan memasuki tahun ke 6.

PENJUALAN MENURUN - Penjual hewan kurban di kawasan Mayjen Sungkono, Rabu (8/7). Jelang Hari Raya Idul Adha pada 31 Juli mendatang penjualan hewan kurban mengalami penurunan hingga 30 %. (SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ)
PENJUALAN MENURUN - Penjual hewan kurban di kawasan Mayjen Sungkono, Rabu (8/7). Jelang Hari Raya Idul Adha pada 31 Juli mendatang penjualan hewan kurban mengalami penurunan hingga 30 %. (SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ)

Lalu bagaimana cara memilih hewan kurban yang sesuai dengan syariat?

Berikut Tribunnews rangkum tips memilih hewan kurban dikutip dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah:

1. Sehat

Halaman
1234
Penulis: Oktaviani Wahyu Widayanti
Editor: Sri Juliati
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved