Breaking News:

Pilkada Serentak 2020

Politikus PKS: Tidak Ada Kompetisi Itu Orang Lawan Kotak Kosong

Anggota Komisi II DPR RI fraksi PKS Mardani Ali Sera menyoroti isu calon kepala daerah melawan kotak kosong dalam Pilkada Serentak 2020.

KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTO
Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi II DPR RI fraksi PKS Mardani Ali Sera menyoroti isu calon kepala daerah melawan kotak kosong dalam Pilkada Serentak 2020.

Misalnya saja PilkadaKota Solo di mana pasangan Gibran Rakabuming dan Teguh Prakoso berpotensi melawan kotak kosong mengingat porsi kursi di DPRD dan peta politik Solo yang sulit untuk menghadirkan lawan.

Mardani menyayangkan jika nantinya kualitas demokrasi menurun karena adanya peserta Pilkada melawan kotak kosong.

Baca: Cucu Paku Buwono XII Dikabarkan Bakal Jadi Lawan Gibran, Pengamat: Pilkada Solo akan Lebih Berkelas

"Demokrasi itu identik dengan kompetisi, tidak ada kompetisi itu orang lawan kotak kosong, itu bukan demokrasi," ucap Mardani Ali Sera di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (28/7/2020).

"Mestinya orang lawan orang. Karena kontestasi karya dan gagasan," imbuhnya.

Menurut Mardani, adanya beberapa calon dalam gelaran Pilkada Serentak 2020 justru malah memberikan ruang untuk berkompetisi secara sehat.

Baca: PKS Siap Ajak Achmad Purnomo Lawan Gibran di Pilkada Solo

"Walaupun sekarang begini perlu digarisbawahi, ketika kita punya tiga, empat mereka tidak sedang bermusuhan mereka sedang berkompetisi. Mereka adalah suatu anak bangsa yang sama-sama mencintai negeri," ucapnya.

Karena itu, Mardani menegaskan PKS membuka diri dengan partai mana pun agar tidak ada gelaran kontestan yang melawan kotak kosong di Pilkada Serentak 2020.

"Sikap PKS kita terbuka berkoalisi dengan semua, karena kita menganggap, semua partai punya platform yang sama dalam mencintai negeri tapi caranya beda-beda," katanya.

Penulis: chaerul umam
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved