Breaking News:

Idul Adha 2020

Ketua DPR Ingatkan Saling Berbagi Daging Kurban di Tengah Pandemi Covid-19

"Mari kita fokuskan Idul Adha kali ini dengan berkurban bagi yang mampu," ujar Puan

Eot/Man (dpr.go.id)
Puan Maharani saat mengikuti pertemuan ASEAN-AIPA Interface secara virtual dari ruang kerjanya di Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Jumat (26/6/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak seluruh umat muslim di Indonesia untuk saling berbagi daging kurban dalam menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah.

Apalagi, hari raya kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Baca: Naskah Khutbah Idul Adha 2020 di Rumah: Semangat Kurban Semangat Melawan Covid-19

Di mana sekarang umat muslim merayakannya di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

"Mari kita fokuskan Idul Adha kali ini dengan berkurban bagi yang mampu," ujar Puan dalam keterangannya, Jumat (31/7/2020).

Dalam suasana keprihatinan akibat pandemi sekarang ini, berbagi daging kurban sangat membantu saudara-saudara kita," kata Puan.

Dia mengatakan, pendistribusian daging kurban dapat melengkapi bantuan sembako kepada masyarakat yang terdampak pandemi.

Namun, dia menekankan prosesi kurban hingga pembagiannya harus tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Selain itu, politikus PDI Perjuangan tersebut mengatakan berkurban juga bisa dimaknai secara luas sebagai bentuk kerelaan untuk berbagi dan peduli dengan sesama, menciptakan solidaritas sosial dan memupuk gotong royong untuk mengatasi pandemi.

Menurutnya kerelaan berkorban dan keikhlasan semua pihak untuk bahu membahu mengatasi Covid-19 dan dampaknya masih akan terus dibutuhkan mengingat penularan Covid-19 masih terus terjadi.

"Kita telah melihat pengorbanan para tenaga medis yang rela mengorbankan segalanya di garda terdepan melawan virus corona. Kita juga melihat para warga yang tidak mudik, termasuk di hari raya Idul Adha kali ini, rela mengorbankan silaturahim fisik dengan kerabatnya demi pencegahan penularan Covid-19," kata dia.

"Semoga dengan kerja keras dan gotong royong seluruh komponen bangsa, disertai keikhlasan dan kepatuhan seperti teladan Nabi Ibrahim ketika menerima perintah kurban, bangsa ini segera bisa melewati masa-masa sulit akibat pandemi Covid-19," imbuhnya.

Baca: Sapi Kurban Jokowi di Jambi Mandi Sehari 3 Kali Hingga Makan Telur Campur Madu

Tak lupa, Puan mengucapkan kepada warga muslim di Indonesia selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah.

"Dan kepada umat muslim Indonesia yang saya cintai, saya mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1441 Hijriah," tandasnya.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved