Breaking News:

Pilkada Serentak 2020

Pemerintah Diminta Belajar dari Negara Lain Jalankan Pilkada di Tengah Pandemi Covid-19

Pemerintah diminta belajar dari negara Korea Selatan dalam menjalankan Pilkada serentak di 270 daerah pada 9 Desember 2020.

Tribunnews.com/Fransiskus Adhiyuda
Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi (tengah). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah diminta belajar dari negara Korea Selatan dalam menjalankan Pilkada serentak di 270 daerah pada 9 Desember 2020.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, Pilkada di tengah pandemi Covid-19 memang tidak mudah dijalankan, tetapi beberapa negara sudah melaksanakannya seperti Jerman, Korea Selatan, Singapura dan lainnya.

"Jadi pengalaman ada yang dapat dilihat, meskipun ada beberapa negara menunda Pemilu," ujar Burhanuddin dalam Webinar Pilkada di Tengah Pandemi Covid-19, Jakarta, Minggu (9/8/2020).

Baca: Kerabat Luhut Protes Gagal Dampingi Bobby Nasution di Pilkada Kota Medan, Ngaku Surveinya Tertinggi

Menurutnya, tingkat partisipasi masyarakat saat Pemilu di Korea Selatan cukup tinggi, karena pemerintahnya melakukan tes secara massal dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Misalnya syarat untuk mencoblos, suhunya harus di bawah 37 derajat, jaraknya minimal satu meter, dan lainnya," papar Burhanuddin.

"Jadi DPR dan pemerintah harus memberikan sinyal positif, virus Covid-19 harus bisa dimitigasi, kalau ada pelanggaran (penerapan protokol kesehatan) harus diberikan sanksi juga," sambung Burhanuddin.

Baca: Pilkada Bermanfaat Jadi Tema Webinar Nasional Keempat TMP Minggu Malam

Burhanuddin menyebut, Pemilu di Korsel juga membalikan prediksi banyak orang yang menyebut partai penguasa di sana akan kalah, tetapi nyatanya memenangkan Pemilu.

"Partai Demokrat di sana diprediksi kalah tapi nyatanya menang, karena pemerintah di sana melakukan penanganan Covid-19 secara baik," ucapnya.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved