Presiden Jokowi Resmikan Ruas Tol Manado-Danowudu Sulut

Peresmian tol bagian dari ruas Manado-Bitung tersebut dilakukan Presiden secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Sekretariat Presiden 
Presiden Resmikan Ruas Tol Manado-Danowudu Sulut 

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Ruas Tol Manado-Danowudu, Sulawesi Utara sepanjang 26,35 kilometer pada Selasa, (29/9/2020).

Peresmian tol bagian dari ruas Manado-Bitung tersebut dilakukan Presiden secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor,  Jawa Barat. 

"Dalam kesempatan berbahagia ini, dan dengan mengucap Bismillahirahman ni rahim jalan tol Manado-Bitung, ruas tol Manado-Danowudu saya resmikan hari ini," kata Presiden.

Pantauan Tribunnews, turut hadir mendampingi Presiden di Istana Bogor yakni Mensesneg Pratikno dan Menteri BUMN Erick Tohir. Sementara Menteri PUPR Basuki Hadimuljono hadir di gerbang tol yang akan diresmikan.

Dalam sambutannya Presiden mengatakan ruas Tol Manado-Danowudu yang diresmikan, sudah bsia dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menunjang kegiatan usaha dan transportasi masyarakat.

"Nanti jika seluruh ruas ini sudah selesai, panjangnya mencapai 40 km, gerbang tolnya hanya 9 km, atau sekitar 12 menit, dari bandara Sam Ratulangit, jadi sangat dekat sekali bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan dari Manado ke Bitung, atau sebaliknya," kata Presiden.

Baca: Pekerja Proyek Tewas Tertimpa Material Pembangunan Jalan Tol Kelapa Gading

Presiden mengatakan jalan tol Manado-Bitung mempercepat waktu tempuh dari yang awalnya satu setengah jam menjadi setengah jam saja. Pemangkasan waktu tempuh tersebut memberikan dampak yang signifikan.

"Sebuah kecepatan, perubahan kecepatan yang sangat berubah sekali," pungkasnya.

Baca: RESMI, KPK Perpanjang Penahanan Bupati Nonaktif Kutai Timur Ismunandar dan Encek Unguria Firgasih

Tol Manado-Bitung memiliki panjang kurang lebih 39 kilometer. Pembangunan tol dibagi ke dalam dua seksi, pertama yakni ruas Manado-Airmadidi sepanjang 14 kilometer dan seksi II yakni ruas Airmadidi-Bitung sepanjang 25 kilometer.

Tol yang akan diresmikan presiden sendiri memiliki panjang 26,35 Km. Sisanya ditargetkan rampung pada April 2021.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved