Breaking News:

Penanganan Covid

Anak Muda Medan Bicara Penggunaan Masker: Memang Nggak Nyaman, Tapi Itu Penting!

Menggunakan masker ketika keluar rumah telah menjadi kewajiban di masa adaptasi kebiasaan baru atau era new normal.

TRIBUNNEWS/HERUDIN
Warga beraktivitas memakai masker di sekitar Jalan Jenderal Sudirman Jakarta, Sabtu (3/10/2020). Untuk terus menumbuhkan kepatuhan masyarakat tentang protokol kesehatan, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengkampanyekan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak agar angka positif Covid-19 di Indonesia menurun. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN - Menggunakan masker ketika keluar rumah telah menjadi kewajiban di masa adaptasi kebiasaan baru atau era new normal.

Pemakaian masker termasuk satu dari tiga poin protokol kesehatan yang harus diikuti guna mencegah penyebaran virus Corona penyebab penyakit Covid-19.

Namun, tentu, satu kebiasaan baru tidak serta-merta dapat berjalan mulus. Ada saja riak-riak yang terjadi.

Ada kelompok yang menunjukkan penolakan. Ada yang menerima, tetapi tetap merasa tak mudah untuk melaksanakan.

Warga berfoto memakai masker di jembatan peneyeberangan orang (JPO) di Jalan Jenderal Sudirman Jakarta, Sabtu (3/10/2020). Untuk terus menumbuhkan kepatuhan masyarakat tentang protokol kesehatan, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengkampanyekan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak agar angka positif Covid-19 di Indonesia menurun. TRIBUNNEWS/HERUDIN
Warga berfoto memakai masker di jembatan peneyeberangan orang (JPO) di Jalan Jenderal Sudirman Jakarta, Sabtu (3/10/2020). Untuk terus menumbuhkan kepatuhan masyarakat tentang protokol kesehatan, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengkampanyekan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak agar angka positif Covid-19 di Indonesia menurun. TRIBUNNEWS/HERUDIN (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

Nurul, misalnya. Perempuan 19 tahun yang merupakan mahasiswi satu perguruan tinggi di Medan, menyebut dirinya sampai sejauh ini belum bisa nyaman saat mengenakan masker.

“Saya menyadari penggunaan masker ini sangat penting. Tapi jujur, bagi saya enggak mudah. Terasa kurang nyaman saja. Apa lagi kalau harus bicara saat menggunakan masker."

"Saya tetap pakai masker. Namun kalau berlama-lama, sampai saat ini saya belum sanggup,” ujarnya pada Tribun, Sabtu (3/10/2020).

Baca: Warga Takut Tiba-tiba Didekati Satpol PP, Langsung Kaget Diberi Hadiah Uang karena Pakai Masker

Lantaran merasa belum nyaman, dalam situasi tertentu, misalnya tidak sedang berada dalam kerumunan, Nurul melepas masker yang ia gunakan.

Sebaliknya, ketika berada di tengah keramaian, masker ia pasang lagi.

“Sisi positifnya, yang pasti kita merasa lebih aman dari penularan. Paling tidak persentase tertular jadi lebih kecil. Apalagi kalau semua sudah sama-sama sadar. Pakai masker dan saling menjaga jarak, resikonya akan semakin kecil,” katanya.

Halaman
123
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved