Breaking News:

Tak Hanya Majukan Logistik, Pelabuhan Patimban Turut Hidupkan Perekonomian Masyarakat Sekitar

Menhub Budi Karya Sumadi meyakini kehadiran pelabuhan Patimbang akan makin menghidupkan, menggeliatkan aktivitas ekonomi masyarakat sekitar.

BKIP Kemenhub
Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat tidak hanya memajukan kegiatan logistik tetapi juga menghidupkan aktivitas ekonomi masyarakat sekitar.

Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam dialog publik, Sabtu (21/11/2020).

“Kehadiran Pelabuhan Patimban akan makin menghidupkan dan menggeliatkan aktivitas ekonomi, utamanya bagi masyarakat di sekitar infrastruktur transportasi baru tersebut,” kata Menhub.

“Kami tidak hanya fokus pada pembangunan infrastruktur namun juga aspek ekonomi dan sosial masyarakat wilayah sekitar,” tambahnya.

Baca juga: Kemenhub Gelar FGD Bahas Rancangan Peraturan Menhub Terkait Telekomunikasi Pelayaran

Baca juga: Kemenhub Akan Fasilitasi Akses Pelabuhan Patimban dengan Jalur KA

Kemenhub bahkan telah melakukan aksi sosial di antaranya pemberian Diklat Kewirausahaan, Diklat Pemberdayaan Masyarakat, Pembentukan Koperasi dan Bantuan Kapal dengan kecepatan dan kapasitas tinggi bagi para nelayan. 

Menhub menambahkan, dukungan dari para pelaku usaha juga diperlukan untuk mengembangkan Pelabuhan Patimban sehingga semakin membuka kesempatan lapangan kerja.

Pelabuhan Patimban akan menjadi pelabuhan besar yang difungsikan untuk kegiatan ekspor impor industri otomotif dan logistik dari dan ke Indonesia. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di acara site visit proyek Pelabuhan Patimbang di Kabupaten Subang, Jawa Barat, Rabu (9/1/2019).
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di acara site visit proyek Pelabuhan Patimbang di Kabupaten Subang, Jawa Barat, Rabu (9/1/2019). (TRIBUNNEWS/AMRIYONO PRAKOSO)

Apalagi lokasinya yang dekat dengan lokasi manufaktur yang ada di sekitar Jawa Barat, maka biaya logistik dan waktu perjalanan menjadi lebih efisien. 

“Selama ini, tingginya trafik angkutan berat di Ibu Kota, khususnya yang menuju dan berasal dari Pelabuhan Tanjung Priok—Bekasi, berkontribusi cukup signifikan terhadap terjadinya kemacetan di Ibu Kota,” urai Budi Karya.

Menhub menegaskan ke depan akan dibagi bebannya ke Pelabuhan Patimban, sehingga akan menurunkan tingkat kemacetan dan biaya logistik.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Theresia Felisiani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved