Breaking News:

AI Bakal Serahkan 3352 Surat Desakan Pengesahan RUU PKS untuk DPR

Direktur Eksekutif Amnesty International, Usman Hamid mengatakan para penulis surat termasuk WNI di luar negeri yang turut resah karena...

KOMPAS.com/Devina Halim
Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia Usman Hamid di Gedung Bareskrim Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (8/7/2019) 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rangkaian kampanye anti kekerasan terhadap perempuan tahun 2020, Amnesty International (AI) akan menyerahkan 3352 surat yang berisi desakan pengesahan RUU PKS oleh DPR RI melalui ketua Baleg.

Direktur Eksekutif Amnesty International, Usman Hamid mengatakan para penulis surat termasuk WNI di luar negeri yang turut resah karena kerap terjadinya kekerasan seksual terhadap perempuan di Indonesia

“Surat-surat tersebut sebagai wujud keikutsertaan mereka sebagai warga yang ingin turut mencerdaskan bangsa dan membangun penghormatan terhadap  martabat manusia,” kata Usman dalam audiensi virtual Pena, Kamis (26/11/2020).

Baca juga: Fraksi NasDem dan Gerindra Dorong RUU PKS Hingga Masyarakat Hukum Adat Masuk Prolegnas 2021

Usman mengatakan Komnas Perempuan mencatat peningkatan tindak kekerasan seksual pada perempuan sebanyak 75 persen pada Juli lalu atau pada masa pandemi.

Ironisnya minim sekali kasus kekerasan seksual pada perempuan yang dilaporkan

“Komnas perempuan mencatat hanya 29 persen dari 13.611 kasus perkosaan yang dilaporkan dalam kurun waktu 3 tahun terakhir,” katanya.

Komnas Perempuan sendiri merupakan lembaga nasional yang jangkauannya terbatas.

Usman menyangka kemungkinan masih ada lebih banyak kasus kekerasan seksual yang belum teridentifikasi.

Komnas perempuan mencatat angka yang tinggi, yakni sebesar 431 ribu kasus kekerasan terhadap perempuan dalam setahun terakhir terhitung sejak Maret 2019 hingga Maret 2020.

Halaman
12
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved