Breaking News:

Pilkada Serentak 2020

Hitung Cepat Rakata Institute Sebut Dawam–Azwar Unggul di Pilkada Lampung Timur

Hasil penghitungan cepat Rakata Institute mengunggulkan pasangan M Dawam Rahardjo - Azwar Hadi di Pilkada Lampung Timur.

Dok. Istimewa
Ilustrasi Pilkada serentak 2020. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, LAMPUNG TIMUR – Hasil penghitungan cepat Rakata Institute mengunggulkan pasangan M Dawam Rahardjo - Azwar Hadi di Pilkada Lampung Timur dengan perolehan suara 40,75 persen.

Sementara pasangan Yusran Amirullah - Benny Kisworo memperoleh suara 23,61 persen, sedangkan pasangan Zaiful Bokhari – Sudibyo memperoleh suara 35,64 persen.

Dengan demikian, pasangan M Dawam Rahardjo - Azwar Hadi diprediksi akan memenangkan pemilihan Bupati-Wakil Bupati Lampung Timur 2020.

Baca juga: Sahbirin-Muhidin dan Denny Indrayana-Difriadi Saling Klaim Kemenangan di Pilkada Kalsel

Rakata Institute merupakan salah satu lembaga survei dan hitung cepat yang mendapatkan izin untuk melaksanakan Pilkada Serentak 2020.

Menyikapi hasil survei Rakata Institute, tim pemenangan pasangan calon Bupati Lampung Timur nomor urut 3, Dawam Raharjo – Azwar Hadi mengaku bersyukur.

Selain hasil hitung cepat, tim Dawam – Azwar Hadi juga melakukan perhitungan real count (atauperhitungan sebenarnya) berdasarkan C1 plano di 2020 TPS yang ada di Lampung Timur.

Baca juga: Hasil Lengkap Quick Count Pilkada 8 Kabupaten dan Kota di Jawa Barat 2020

"Menyikapi hasil hitung cepat rakata ini tentu kami bersyukur, hasil quick count Rakata terbukti tidak jauh berbeda dari real count tim pemenangan,” kata ketua Tim pemenangan Dawam – Azwar Noverisman Subing, Rabu (9/12/2020).

Real count yang dilakukan tim pemenangan, ungkap Noversiman, terdapat selisih kemenangan sekitar 4 persen, lebih sedikit dari perhitungan Rakata 5,11 persen.

"Hasil real count kami berdasarkan C1 pleno tidak jauh berbeda, selisihnya sekitar 4 persen, kalau Rakatata kan 5 persen, tetapi tidak masalah karena masih masuk margin error," ungkap legislator Provinsi Lampung asal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Karena itu, Nover memastikan tidak ada pergeseran suara. Mengingat rekapitulasi secara online yang dilakukan KPU Lampung Timur masih minim.

Baca juga: Unggul Versi Quick Count di Pilkada Depok, Idris-Imam Siap Rangkul Pradi-Afifah

"Rekapitulasi KPU datanya masih di bawah 50 persen, meski hasil perhitungan KPU pun memenangkan pasangan nomor urut 3. Untuk itu saat ini tim sudah mengumpulkan seluruh C1 dan hasil rekapitulasi perhitungan di TPS, memastikan tidak ada pergeseran suara," tegasnya.

Sebelumnya, pasangan Raden M Dawam Rahardjo-Azwar Hadi diprediksi memenangi Pilkada Lampung Timur 2020 versi penghitungan cepat (quick count) Rakata Institute. Hasil hitung cepat Rakata pasangan Dawam Rahardjo-Azwar Hadi unggul mutlak di 15 kecamatan yang ada di Lampung Timur.

Manajer Riset Rakata Institute Yuli Harmoko mengatakan, hasil quick count menunjukkan pasangan Dawam Rahardjo-Azwar Hadi meraih 40,75 persen.

Mereka mengungguli pasangan Zaiful Bokhari-Sudibyo yang memperoleh 35,64 persen dan Yusran Amirullah-Benny Kisworo 23,61 persen.

Penulis: chaerul umam
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved