Breaking News:

Angkut Pasir Semeru, Dump Truck Isuzu Elf Terseret Lahar Dingin Hingga 50 Meter

Sebuah dump truck Isuzu Elf yang digunakan untuk penambang pasir di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, terseret arus lahar dingin Gunung Semeru.

Editor: Choirul Arifin
ISTIMEWA
Kondisi dump truck Isuzu Elf yang terseret arus lahar dingin kaki gunung Semeru saat digunakan mengangkut pasir. 

TRIBUNNEWS.COM - Sebuah dump truck Isuzu Elf yang digunakan untuk penambang pasir di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, terseret arus lahar dingin Gunung Semeru.

Truk dengan bak warna biru tersebut terseret hingga 50 meter. Sopir truk berhasil menyelamatkan diri dari insiden tersebut.

Menurut informasi yang dihimpun, kejadian itu terjadi di Sungai Bondeli, Desa Sumber Wuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang pada Sabtu (12/12/2020) sore.

Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo mengatakan, truk tersebut terseret arus lahar dingin lantaran nekat menambang meski sebelumnya sudah dilarang.

"Tidak jelas kronologinya. Tapi yang jelas di Bondeli sudah diberi papan peringatan tidak boleh menambang selama keadaan Semeru masih seperti ini," kata Wawan, Sabtu (12/12/2020).

Baca juga: Truk Penambang Pasir Terseret Arus Lahar Dingin Gunung Semeru Sejauh 50 M, Sopir Berhasil Selamat

Baca juga: Gunung Semeru Meletus, Truk dan Eskavator Terjebak Lahar Panas, Penambang Berhasil Selamatkan Diri

Dikatakannya, truk tersebut terseret hingga 50 meter lebih. Kendati demikian, sopir berhasil menyelamatkan diri dari lahar dingin yang membawa material vulkanik dan bebatuan.

"Iya untung tidak ada korban jiwa," ujarnya.

Sementara, terkait kejadian itu, Wawan kembali mengimbau kepada para penambang untuk menghentikan aktivitasnya sementara.

Menurutnya, musim hujan dan masih menumpuknya lahar panas di lereng Semeru dan Besuk Kobokan memungkinkan banjir lahar dingin akan kembali terjadi.

"Sementara nambang-nambang direm dulu lah, karena material lava panas kan masih banyak. Apalagi sekarang musim hujan sewaktu-waktu bisa jadi banjir lahar dingin," pungkasnya.

(Surya.co.id, Tony Hermawan)

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Nekat Menambang, Truk di Lumajang Terseret Lahar Dingin Gunung Semeru

Sumber: Surya
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved