Breaking News:

Reshuffle Kabinet

Jokowi Harus Pertimbangkan Matang Sebelum Tentukan Menteri

Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus menggodok secara matang dalam menunjuk kembali menteri di Kabinet Indonesia Maju.

nasional.kompas.com
Dave Laksono. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus menggodok secara matang dalam menunjuk kembali menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Politikus Golkar Dave Laksono berharap sosok yang dipilih Presiden Jokowi menjadi menteri nantinya merupakan orang-orang terbaik.

"Pengalaman-pengalaman, kejadian kemarin bisa menjadi bahan presiden melakukan pertimbangan untuk membuat pemerintahan yang lebih baik ke depannya," kata Dave saat dihubungi, Jakarta, Selasa (15/12/2020).

Baca juga: Jokowi Masuk Daftar Muslim Paling Berpengaruh, Ini Respons Politikus PKB

Diketahui, Jaluari Batubara menjadi tersangka kasus dugaan suap Bansos Covid-19 di Jabodetabek saat menjabat menteri sosial.

Kemudian, Edhy Prabowo yang saat itu menjadi menteri kelautan dan perikanan, ditetapkan tersangka oleh KPK terkait kasus dugaan menerima suap izin ekspor benih lobster atau benur.

Menurut Dave, anggota kabinet yang terserat kasus KPK bukan pertama kali terjadi pada saat ini saja, tetapi pernah terjadi diperiode-periode sebelumnya.

Baca juga: Jokowi Minta Kejaksaan Jadi Role Model Penegakan Hukum Profesional dan Berintegritas

"Ini harus menjadi pembelajaran dan catatan untuk semua anggota kabinet untuk membuat kebijakan fokus demi kesejahteraan rakyat," ucap Anggota Komisi I DPR itu.

Terkait kapan dan sosok yang pantas menjadi menteri sosial maupun menteri keluatan dan perikanan, Dave menyebut hal tersebut merupakan hak prerogatif presiden.

"Tentu Presiden yang tahu pertimbangannya, juga pasti melibatkan stakeholder di pemerintah, jadi tidak akan presiden mengambil keputusan tanpa mempertimbangkan semua faktor tersebut," paparnya.

"Jadi, siapapun itu, kapan pun itu, ya partai pendukung, ya harus terus mendukung," sambung Dave.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved