Breaking News:

Mentan: Sektor Pertanian Terbukti Paling Tangguh Selama Pandemi Covid-19

Pada triwulan kedua 2020, pertanian memberikan kontribusi sebesar 16,46% terhadap total PDB nasional

ist
Syahrul Yasin Limpo 

Laporan Wartawan Tribunnews Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pandemi Covid-19 telah menggerus segala aspek kehidupan dan memberikan tekanan yang cukup dahsyat tidak hanya bagi kesehatan dan perekonomian negara.

Di tengah berbagai disrupsi akibat pandemi Covid-19, sektor pertanian justru mampu menjadi sektor yang tetap tumbuh dan bertahan dari tekanan tersebut.

Pada triwulan kedua 2020, pertanian memberikan kontribusi sebesar 16,46% terhadap total PDB nasional.

Angka tersebut meningkat dibanding triwulan pertama 2020 yang hanya sebesar 12,84%.

Dilihat dari sisi pertumbuhan ekonominya, pada triwiulan kedua tahun ini, pertanian meraih pertumbuhan positif sebesar 2,19% (YoY) dan tetap tumbuh positif pada triwulan ketiga 2,15% (YoY).

Data tersebut mengidentifikasikan bahwa pertanian adalah zona ekonomi yang paling tangguh terhadap berbagai interruptions yang diciptakan pandemi Covid-19.

Baca juga: Kementerian Agama Gandeng Kementan Berdayakan Potensi Pertanian di Pesantren

Di saat sektor lain lesu, kinerja kerja tersebut justru mempertegas kalau pertanian berpeluang menjadi sektor penyangga (buffer stock) di masa krisis dan masa-masa yang aman lainnya.

Dunia pun berubah dan bergerak sangat cepat dan dinamis. Ke depan kita tidak bisa melewati tantangan-tantangan dengan cara-cara lama.

“Kita dituntut untuk mampu melihat peluang yang ada. Keterbatasan mobilisasi akibat pandemi Covid-19 menuntut dan membuat peluang bagi para pelaku bisnis untuk lebih kreatif, berkolaborasi, dan menggunakan mekanisasi dan teknologi pada semua aspek kehidupan yang ada, termasuk penggunaan digital dan online system,” ujar Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pertanian Republik Indonesia.

Halaman
123
Penulis: Choirul Arifin
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved