Breaking News:

Penanganan Covid

Airlangga Hartarto: Vaksinator Covid-19 Sudah Dilatih

Airlangga Hartarto mengatakan vaksinator Covid-19 yang akan bertugas nanti sudah terlatih.

TRIBUN/DANY PERMANA
Tangkapan layar Menko Perekonomian yang juga Ketua KPC-KEN Airlangga Hartarto saat memberikan tanggapan dalam pertemuan virtual dengan jajaran petinggi Tribun Network se-Indonesia, Jakarta, Kamis (7/1/2021). TRIBUNNEWS/DANY PERMANA 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto mengatakan vaksinator Covid-19 yang akan bertugas nanti sudah terlatih.

Mereka yang akan memberi vaksin merupakan petugas yang sudah biasa melakukan imunisasi.

"Tentu kita melihat vaksinator ini sudah dilatih di 34 provinsi, selama ini mereka sudah bekerja di 8.796 fasilitas kesehatan," kata Airlangga kepada Tribunnews.com, Kamis, (7/1/2021).

Baca juga: Airlangga: Ikuti Gubernur Bali, Kepala Daerah Lain akan Siapkan Surat Edaran PPKM

Baca juga: Airlangga Hartarto: Kita Tidak Lockdown, Hanya Pembatasan dan Bukan Pelarangan

Pemerintah menyiapkan 440 ribu tenaga kesehatan dan 23 ribu vaksinator untuk melakukan vaksinasi yang rencananya akan dimulai pertengahan Januari 2021.

Airlangga menegaskan bahwa para vaksinator merupakan petugas yang berada atau tinggal di wilayah tersebut. Tidak ada pengiriman atau pemindahan petugas vaksinasi dari daerah ke daerah lain.

"Jadi mereka yang sudah ada di sana, jadi bukan dipindahkan dari satu daerah ke daerah lain tapi mereka yang sudah biasa melakukan imunisasi di layanan-layanan tersebut, sehingga yang dikirim vaksinnya. sehingga mereka punya kapasitas untuk melakukan vaksinasi," katanya.

Baca juga: Ada Pengetatan Pembatasan Kegiatan, Airlangga Optimistis Perekonomian Masih Tetap Membaik

Airlangga mengatakan bahwa pemerintah berupaya keras menuntaskan vaksinasi dalam satu tahun. Pemerintah telah menetapkan 182 juta orang yang akan divaksin Covid-19.

Setiap orang nantinya akan mendapatkan dua dosis vaksin dengan penyuntikan berjarak. Pemerintah juga menyiapkan cadangan 15 persen vaksin dari total yang digunakan, sehingga total kebutuhan vaksin Covid-19 yakni 426 juta dosis.

Dari total kebutuhan, Indonesia telah memastikan mendapatkan 329,5 juta dosis vaksin. Adapun rinciannya kata Airlangga yakni 125,5 juta vaksin Sinovac, yang 3 juta diantaranya telah tiba di Indonesia.

Halaman
12
Penulis: Taufik Ismail
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved