Breaking News:

Sabam Sirait: Tema Kebudayaan HUT PDI Perjuangan Sudah Tepat dan Relavan

Kebudayaan Indonesia pun begitu adi-luhung dan memperkaya peradaban umat manusia dari masa ke masa.

Editor: Hasanudin Aco
Ist/Tribunnews.com
Sabam Sirait Bersama Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia itu bukan semata kaya karena sumber daya alam melainkan juga begitu kaya karena keragaman etnis, suku, bahasa serta kebudayaan di dalamnya.

Kebudayaan Indonesia pun begitu adi-luhung dan memperkaya peradaban umat manusia dari masa ke masa.

Demikian dikatakan politisi yang juga anggota MPR RI paling senior, Sabam Sirait, saat dihubungi Kamis (07/01/2021) pagi terkait dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-48 PDI Perjuangan yang bertemakan "Indonesia Berkepribadian dalam Kebudayaan."

Hal ini ditanyakan kepada Sabam, yang saat ini menjabat sebagai anggota DPD RI.

Sabam merupakan pendiri Partai Demokrasi Indonesia (PDI) pada 10 Januari 1973, sebelum akhirnya menjadi PDI Perjuangan pada 1998.

Sabam Sirait dengan latarbelakang foto PDI di zaman Orde Baru/Dokumen Pribadi
Sabam Sirait dengan latarbelakang foto PDI di zaman Orde Baru/Dokumen Pribadi (Istimewa/Tribunnews.com)

Sabam Sirait, yang merupakan salah seorang dari 10 deklarator PDI lainnya, juga tercatat sebagai Sekjen PDI atau PDI Perjuangan pertama dan terlama.

"Tema HUT PDI Perjuangan ke-43 ini sangat penting, relevan dan tepat. Sebab, dalam ajaran Tri Sakti Bung Karno, selain berdaulat secara politik dan mandiri secara ekonomi, juga di dalamnya ada berkepribadian dalam kebudayaan. Dan saat ini, strategi kebudayaan juga bisa mengatasi beberapa persoalan di Indonesia," ungkap Sabam.

Menurut Sabam, kekayaan kebudayaan Indonesia diikat dan disatukan dalam Pancasila.

Karena itu, dengan ideologi Pancasila itulah maka semua anak bangsa dari berbagai suku, etnis, dan latar belakang agama harus saling bahu-membahu membangun Indonesia, termasuk di dalamnya adalah kebudayaan Indonesia.

"Kita, terutama saya ingatan kepada generasi muda, tak perlu minder atau bahkan tergoda dengan kebudayaan luar, dari manapun datangnya, baik dari Barat, Timur, Utara maupun Selatan. Sebab Kebudayaan Indonesia, yang lahir dari Bumi Pertiwi kita ini, sangat luar biasa," ungkap Sabam.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved