Breaking News:

Pesawat Sriwijaya Air Jatuh

Fakta-fakta Black Box Pesawat dan Cara Kerjanya: Dapat Rekam Data Penerbangan

Berikut fakta black box dan cara kerjanya. Perangkat perekam penerbangan berwarna oranye agar mudah ditemukan. Simak selengkapnya di sini.

Tribunnews/Irwan Rismawan
Berikut fakta black box dan cara kerjanya. Perangkat perekam penerbangan berwarna oranye agar mudah ditemukan. Simak selengkapnya di sini. Tribunnews/Irwan Rismawan 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut adalah fakta-fakta seputar black box dalam sebuah pesawat.

Black box adalah komponen penting untuk merekam semua data penerbangan dalam sebuah pesawat.

Black box menjadi bagian paling dicari ketika sebuah pesawat mengalami kecelakaan.

Baca juga: Blackbox Ditemukan, Panglima TNI: Operasi Pencarian Diteruskan Hingga Seluruh Korban Dievakuasi

Baca juga: Apa itu Black Box? Ini Fungsi dan Cara Kerja Black Box, Komponen Penting di Pesawat

Untuk mengetahui apa itu black box, berikut Tribunnews rangkum fakta-fakta tentang black box, yang dikutip dari Kompas.com:

1. Warna Black Box

Flight Data Recorder (FDR) pesawat Sriwijaya Air PK-CLC dengan nomor penerbangan SJ-182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu ditunjukkan di Dermaga JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (12/1/2021). FDR Sriwijaya Air SJ 182 yang ditemukan oleh tim penyelam TNI di perairan Kepulauan Seribu selanjutnya akan dibawa KNKT untuk dilakukan pemeriksaan. Tribunnews/Irwan Rismawan
Flight Data Recorder (FDR) pesawat Sriwijaya Air PK-CLC dengan nomor penerbangan SJ-182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu ditunjukkan di Dermaga JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (12/1/2021). FDR Sriwijaya Air SJ 182 yang ditemukan oleh tim penyelam TNI di perairan Kepulauan Seribu selanjutnya akan dibawa KNKT untuk dilakukan pemeriksaan. Tribunnews/Irwan Rismawan (Tribunnews/Irwan Rismawan)

Tidak seperti namanya, black box bukanlah berwarna hitam, melainkan oranye.

Pewarnaan tersebut dimaksudkan agar tim pencari mudah menemukannya.

2. Fungsi Black Box

Dikutip dari Kompas.com, black box pada dasarnya adalah sebuah alat perekam penerbangan mirip dengan hard disk atau kartu memori yang sangat dilindungi.

Black box dapat merekam percakapan di kokpit, merekan suara perangkat pesawat, lalu lintas radio, diskusi antar awak kabin dan pengumuman kepada penumpang.

Halaman
123
Penulis: Widya Lisfianti
Editor: Whiesa Daniswara
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved