Breaking News:

Pesawat Sriwijaya Air Jatuh

17 Keluarga Korban Sriwijaya Air Belum Menyerahkan Sampel DNA

Ketentuan identifikasi untuk satu korban membutuhkan lebih dari satu sampel DNA dari keluarga inti korban merupakan prosedur identifikasi dalam DVI

TRIBUNNEWS/HERUDIN
Keluarga korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 mendatangi Posko Antemortem-DVI RS Polri Sukanto, Jakarta, Selasa (12/1/2021). Keluarga korban mulai berdatangan ke posko ante mortem untuk memberikan Informasi data primer dan sekunder yang diperlukan tim forensik RS Polri. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  - Tim Disaster Victim Identification (DVI) masih menunggu sampel DNA dari keluarga korban penumpang Sriwijaya Air SJ-182 rute Jakarta-Pontianak.

Meski hingga Selasa (12/1) pukul 17.00 WIB menerima 111 sampel DNA yang merupakan data antemortem atau sebelum kematian untuk identifikasi.

Karopenmas Mabes Polri Brigjen Rusdi Hartono mengatakan belum seluruh keluarga dari 62 penumpang Sriwijaya Air SJ-182 menyerahkan sampel DNA.

"Belum (lengkap), baru ada 45 (keluarga) kurang 17, jadi  satu korban bisa punya dua sampel DNA jadi jumlahnya cukup banyak," kata Rusdi di RS Polri Kramat Jati, Selasa (12/1/2021).

Ketentuan identifikasi untuk satu korban membutuhkan lebih dari satu sampel DNA dari keluarga inti korban merupakan prosedur identifikasi dalam DVI yakni prosedur untuk identifikasi jenazah korban kecelakaan alam atau bencana yang jenazahnya sudah tak bisa diidentifikasi secara wajah.

Baca juga: Tim DVI Berhasil Identifikasi 3 Jenazah Korban Sriwijaya Air SJ 182

Caranya mencocokkan data antemortem dengan posmortem (setelah kematian) yang didapat dari jenazah hingga barang pribadi terakhir dikenakan korban.

"Sekarang (proses identifikasi jenazah) masih bisa gunakan sidik jari maupun data-data yang lain," ujarnya.

Dalam proses identifikasi secara DVI yang prosedurnya berlaku internasional terdapat tiga parameter identifikasi, yakni sidik jari, gigi, dan terakhir DNA.

Hingga Selasa (12/1) pukul 17.00 WIB tercatat empat jenazah penumpang Sriwijaya Air SJ-182 rute sudah teridentifikasi berdasar sidik jari.

Halaman
12
Editor: Eko Sutriyanto
Sumber: TribunJakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved