Breaking News:

Calon Kapolri

Calon Kapolri Komjen Listyo di Mata Ketua WP KPK

Presiden Joko Widodo mengajukan Listyo sebagai calon tunggal Kapolri untuk menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis yang akan pensiun pada 1 Februari

KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO
Kepala Bareskrim Polri, Komjen Listyo Sigit, dalam konferens pers penangkapan terpidana kasus korupsi pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali Djoko Tjandra tiba di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Kamis (30/7/2020). Djoko Tjandra ditangkap di Malaysia. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Wadah Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi ( WP KPK) Yudi Purnomo menilai keputusan Presiden Joko Widodo memilih Kepala Bareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri sebagai pilihan tepat.

Menurut Yudi, Listyo selama ini dikenal sebagai sosok polisi yang reformis dan profesional.

"Pilihan Presiden ke Bang Sigit merupakan pilihan tepat, karena selama ini memang beliau dikenal sebagai polisi reformis dan profesional," kata Yudi, Rabu (13/1/2021).

Yudi mengatakan, profesionalitas Listyo terbukti karena sukses menangani kasus-kasus korupsi besar ketika menjabat sebagai Kepala Bareskrim.

Seperti diketahui, salah satu kasus yang dibongkar Bareskrim adalah kasus suap terkait pelarian terpidana kasus Bank Bali Djoko Tajandra yang ternyata juga melibatkan perwira tinggi Polri.

Yudi pun meyakini Listyo dapat memajukan institusi Kepolisian dan ia berharap kerja sama KPK dan Kepolisian akan lebih baik.

"Kami berharap bahwa kerja sama Kepolisian dan KPK semakin baik dalam upaya bersama mewujudkan Indonesia yang bebas dari korupsi," ujar Yudi.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengajukan Listyo sebagai calon tunggal Kapolri untuk menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis yang akan pensiun pada 1 Februari 2021.

DPR pun telah menerima surat presiden terkait nama calon Kapolri pada Rabu (13/1/2021).

Selanjutnya, Listyo akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR sebelum DPR memberikan persetujuan atas nama calon yang diajukan Presiden.

Baca juga: Ketua Komisi III DPR: Figur Listyo Sigit adalah Jenderal Muda Reformatif

Halaman
123
Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved