Breaking News:

Calon Kapolri

Istana Harap DPR Proses Komjen Listyo Sigit Prabowo Jadi Kapolri Secara Cepat

Pratikno berharap DPR melakukan proses secara cepat, terkait uji kepatutan dan kelayakan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri.

Tribunnews.com/Igman Ibrahim
Kabareskrim Polri, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Sekretaris Negara Pratikno berharap Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melakukan proses secara cepat, terkait uji kepatutan dan kelayakan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri.

"Kami sangat mengharapkan dan berharap bisa segera ditindaklanjuti oleh DPR secepat-cepatnya, sebagaimana disampaikan Ibu Ketua DPR 20 hari. Kami berharap bisa lebih cepat dari itu," kata Pratikno di komplek Parlemen, Jakarta, Rabu (13/1/2021).

Menurutnya, proses uji kepatutan dan kelayakan yang cepat, akan berdampak positif kepada instansi Kepolisian karena memiliki Kapolri definitif usai Jenderal Idham Azis pensiun.

Baca juga: Yakin Disetujui DPR, Gus Jazil Minta Listyo Sigit Rangkul Semua Kalangan

Ia pun menyampaikan harapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar calon Kapolri yang diusulkan dapat disetujui DPR.

"Kami sangat mengharapkan menyetujui apa yang diusulkan bapak Presiden," ucapnya.

Diketahui, DPR RI telah menerima resmi menerima surat presiden (surpres) terkait calon Kapolri yang diusulkan Presiden Jokowi.

Baca juga: Listyo Sigit Diharapkan Bisa Manfaatkan Kedekatannya dengan Jokowi, Kontras: Bisa Dimaksimalkan

Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan, Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi calon tunggal yang diusulkan presiden.

"Bahwa surpres telah kami terima dari Bapak Presiden yang mana Bapak Presiden menyampaikan usulanbpejabat Kapolri yang akan datang dengan nama tunggal yaitu bapak Listyo Sigit Prbaowo yang saat ini menjabat Kabareskrim di Polri," kata Puan dalam konferensi pers di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (13/1/2021).

Baca juga: Sederet Kasus Menonjol yang Ditangani Bareskrim di Bawah Kepemimpinan Komjen Listyo Sigit Prabowo

Nantinya, DPR akan segera memproses dan menggelar uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri.

"Setelah hari ini terhitung 20 hari kedepan, kami DPR akan memproses pelaksanaan mekanisme DPR dalam mengusulkan dan memberikan persetujuan atas calon tunggal Kapolri yang akan datang yaitu Listyo Sigit Prabowo," ujarnya.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved