Breaking News:

Pesawat Sriwijaya Air Jatuh

Mengenal Black Box yang Jadi Kunci Penyelidikan Kecelakaan Pesawat

Black box atau kotak hitam pada pesawat terbang merupakan salah satu komponen yang harus ditemukan apabila terjadi kecelakaan.

Tribunnews/Irwan Rismawan
Flight Data Recorder (FDR) pesawat Sriwijaya Air PK-CLC dengan nomor penerbangan SJ-182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu ditunjukkan di Dermaga JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (12/1/2021). FDR Sriwijaya Air SJ 182 yang ditemukan oleh tim penyelam TNI di perairan Kepulauan Seribu selanjutnya akan dibawa KNKT untuk dilakukan pemeriksaan. Tribunnews/Irwan Rismawan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Black box atau kotak hitam pada pesawat terbang merupakan salah satu komponen yang harus ditemukan apabila terjadi kecelakaan.

Menurut Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), black box menjadi kunci untuk melakukan penyelidikan terkait kecelakaan pesawat.

Kepala KNKT Soerjanto Tjahjono mengatakan, investigasi terkait kecelakaan pesawat sangat mengacu pada black box.

"Black box harus ditemukan, karena sangat penting untuk melakukan investigasi apa yang terjadi terhadap pesawat yang mengalami kecelakaan," ujar Soerjanto.

Hal serupa juga diungkapkan pengamat penerbangan Arista Atmadjati, yang menyebut bahwa black box merupakan hal penting untuk melanjutkan penyelidikan lebih lanjut terhadap pesawat yang mengalami kecelakaan.

Baca juga: Saat Ditemukan Black Box Sriwijaya Air Tertimbun Puing Pesawat, CVR Masih Dicari

Ia mengungkapkan, black box terdiri dari dua komponen yaitu Flight Data Recorder (FDR) dan Cockpit Voice Recorder (CVR) yang sangat berguna untuk melihat kondisi pesawat sebelum kecelakaan.

Baca juga: Tiga Komponen Penting Ini Selalu Ada di Black Box Pesawat dan Selalu Dicari Saat Terjadi Kecelakaan

Terkait black box tersebut, pesawat Sriwijaya Air dengan kode penerbangan SJ 182 mengalami kecelakaan dan jatuh di sekitar Kepulauan Seribu.

Proses pencarian puing pesawat dan juga black box dilakukan hingga saat ini. Pada Selasa (12/1/2021) tim evakuasi korban dan puing pesawat, berhasil menemukan black box FDR pesawat SJ 182, dan masih melakukan pencarian terhadap CVR.

Black box memiliki dua komponen yaitu FDR yang merekam beragam data tentang semua aspek pesawat mulai dari kondisi mesin hingga fungsi lainnya hingga 30 jam, sementara CVR merekam percakapan dalam dek penerbangan dan suara lain, seperti transmisi radio serta alarm otomatis.

Halaman
12
Penulis: Hari Darmawan
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved