Breaking News:

Penanganan Covid

Wamenkes: Tokoh Publik Harus Tetap Jalani Protokol Kesehatan Meski Sudah Divaksin Covid-19

Dante mengatakan kekebalan dengan vaksinasi tidak terbentuk secara instan. Kekebalan tersebut, membutuhkan proses untuk muncul.

Tribunnews/HO/Biro Pers Setpres/Muchlis Jr
Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama yang disuntik vaksin Covid-19 dalam program vaksinasi massal secara gratis di Indonesia, di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (13/1/2021) pagi. Vaksin yang disuntikkan kepada Presiden Jokowi adalah vaksin CoronaVac buatan Sinovac Life Science Co Ltd yang bekerja sama dengan PT Bio Farma (Persero). Sebelum disuntik vaksin, Presiden Jokowi terlebih dahulu melakukan pendaftaran dan verifikasi data, serta penapisan kesehatan, antara lain pengukuran suhu tubuh dan tekanan darah. Vaksinasi tersebut menjadi titik awal pelaksanaan vaksinasi nasional di Indonesia sebagai salah satu upaya penanganan pandemi Covid-19. Tribunnews/HO/Biro Pers Setpres/Muchlis Jr 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengingatkan masyarakat dan tokoh publik untuk tetap patuh menjalani protokol kesehatan dan 4M.

Menurutnya langkah ini wajib tetap dilakukan meski telah menjalani vaksinasi.

"Maka peran masyarakat dan tokoh publik tersebut serta tenaga medis tetap harus melaksanakan setiap protokol medis dan kesehatan. Serta 4M, yaitu menjaga jarak, mencuci tangan, kemudian memakai masker, dan menjauhi kerumunan," ucap Dante di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jln Diponegoro, Jakarta Pusat, Kamis (14/1/2021).

Dante mengatakan kekebalan dengan vaksinasi tidak terbentuk secara instan. Kekebalan tersebut, menurut Dante, membutuhkan proses untuk muncul.

"Yang paling penting adalah bahwa kekebalan ini akan tercipta setelah dua atau enam minggu pasca penyuntikan yang kedua," ungkap Dante.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah disuntik vaksin Covid-19 di Istana Negara, pada Rabu (13/1/2021) pagi.

Baca juga: Biasa Live, Tapi Saat Divaksin Covid-19 Raffi Ahmad Heran Mengapa Bisa Gemetar

Selain Jokowi, sejumlah tokoh publik juga ikut dalam pada sesi pertama vaksinasi.

Nama-nama tersebut ialah Ketua Umum PB IDI Daeng Mohammad Faqih, Sekjen MUI Amirsyah Tambunan, Rois Syuriah PBNU Ahmad Ngisomudin, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis, dan Raffi Ahmad.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved