Breaking News:

Korupsi Bansos Covid di Kemensos

KPK Telusuri Proses Pengadaan Bansos COVID-19 di Jabodetabek Lewat Sekjen Kemensos

Hartono diperiksa untuk tersangka eks Menteri Sosial Juliari Peter Batubara dalam kasus dugaan suap pengadaan bansos COVID-19.

WARTA KOTA/WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN
Menteri Sosial (Mensos), Juliari Peter Batubara (JPB) dengan rompi tahanan menuju jumpapres untuk penetapan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selan Minggu(6/12/2020). Politisi PDIP ini harus berurusan dengan hukum dalam kasus dugaan suap pengelolaan dana bantuan sosial penanganan Covid-19 berupa paket sembako di Kementerian Sosial tahun 2020. WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menelusuri proses pengadaan bantuan sosial (bansos) COVID-19 untuk wilayah Jabodetabek tahun 2020 di Kementerian Sosial (Kemensos).

Penelusuran dilakukan melalui pemeriksaan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemensos Hartono Laras.

Baca juga: Akses dtks.kemensos.go.id untuk Cek Penerima Bansos Sembako Rp 200 Ribu, Pilih Daftar Ruta DTKS

Hartono diperiksa untuk tersangka eks Menteri Sosial Juliari Peter Batubara dalam kasus dugaan suap pengadaan bansos COVID-19.

"Hartono Laras didalami pengetahuannya mengenai tahapan dan proses pengadaan bansos untuk wilayah Jabodetabek tahun 2020 di Kemensos RI," sebut Plt Juru Bicara Penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangannya, Jumat (15/1/2021).

Baca juga: Panduan Cek Penerima Bansos Sembako Rp 200 Ribu di dtks.kemensos.go.id, Pilih Daftar Ruta DTKS

Selain menggali informasi dari Hartono Laras, tim penyidik KPK juga memeriksa tiga saksi lainnya untuk tersangka Juliari.

Mereka ialah Muhammad Rakyan Ikram (wiraswasta), Helmi Rifai (swasta), dan  Raditya Buana (swasta).

Dari Rakyan Ikram, KPK mendalami pengetahuannya terkait perusahaan milik Rakyan yang diduga mendapatkan paket-paket pekerjaan bansos untuk wilayah Jabodetabek tahun 2020 di Kemensos RI.

Baca juga: Segera Cek Penerima Bansos Sembako Rp 200 Ribu di dtks.kemensos.go.id, Simak Cara Mendapatkannya

Sedangkan Helmi Rifai dikonfirmasi tim penyidik terkait proyek pekerjaan dan proses pembayaran dari pekerjaan yang diperoleh Helmi sebagai salah satu distributor paket bansos wilayah Jabodetabek tahun 2020 di Kemensos RI.

"Sementara Raditya Buana didalami pengetahuannya terkait adanya aktifitas penukaran uang dalam bentuk mata uang asing yang diduga untuk keperluan tersangka JPB (Juliari Peter Batubara)," kata Ali.

Halaman
123
Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved