Breaking News:

Kasus Asabri

MAKI Ungkap Dugaan Aset Tersangka Asabri di Boyolali, Punya 25 Bus Seharga Puluhan Miliar

SWJ merupakan mantan pejabat direksi PT Asabri yang kini ditetapkan sebagai tersangka lantaran diduga terlibat kasus korupsi

Dokumen MAKI
Lahan diduga milik salah satu tersangka kasus dugaan korupsi PT Asabri (Persero) berinisial SWJ di Boyolali, Jawa Tengah. (Dok. MAKI) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) menemukan aset atau barang berharga yang diduga milik salah satu tersangka kasus dugaan korupsi PT Asabri (Persero) berinisial SWJ di Boyolali, Jawa Tengah.

Sebagaimana diketahui, SWJ merupakan mantan pejabat direksi PT Asabri yang kini ditetapkan sebagai tersangka lantaran diduga terlibat kasus korupsi di perusahaan asuransi plat merah tersebut.

Koordinator MAKI Boyamin Saiman menyatakan barang bukti hasil pelacakan aset harta yang diduga milik tersangka telah diserahkan secara resmi ke Kejaksaan Agung RI secara daring.

Baca juga: Tanah Tersangka Asabri Benny Tjokrosaputro Kembali Disita, Total Menjadi 413 Hektar

"Hari ini MAKI telah mengirim daftar aset yang diduga terkait dengan korupsi Asabri milik atau terafiliasi dengan SWJ mantan direksi Asabri kepada Penyidik Pidana Khusus Kejaksaan Agung RI melalui sarana internet online," kata Boyamin saat dikonfirmasi, Senin (15/2/2021).

Boyamin menuturkan aset-aset itu disamarkan oleh tersangka dengan menggunakan nama orang lain. Aset atau harta berharga itu menjadi milik tersangka pada periode 2016-2020.

Baca juga: Disita Kejagung, Kapal LNG Aquarius Milik Tersangka Korupsi Asabri Masih Diperbolehkan Beroperasi

"Aset-aset tersebut diduga dengan sistem nomine atau nama orang lain di Boyolali Jawa Tengah dengan masa perolehan tahun 2016-2020," tandasnya.

Sebagai informasi aset-aset yang diduga milik SWJ di Boyolali itu beragam. Mulai dari gedung, rumah, tanah hingga bus yang berjumlah 25 unit.

Baca juga: Aset para Koruptor Asabri Diburu, 194 Hektare Tanah Benny Tjokro Disita Kejagung 

Berikut rincian dugaan aset-aset dan taksiran harganya yang dirilis oleh MAKI:

1. Gedung peruntukan garasi bus RWJ di Desa Pelem, Simo, Boyolali. Perkiraan harga lahan senilai Rp 8 M dan bangunan garasi perkiraan senilai Rp 12 M.

Halaman
12
Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved