Breaking News:

Menhan Prabowo Subianto Bahas Sistem Pertahanan Rakyat Semesta di Rapim TNI Tahun 2021

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto membahas terkait sistem pertahanan rakyat semesta.

Biro Humas Setjen Kemhan
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto didampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo di Rapat Pimpinan (Rapim) TNI Tahun 2021 di Mabes TNI Cilangkap pada Selasa (16/2/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto membahas terkait sistem pertahanan rakyat semesta saat memberikan pembekalan kepada peserta Rapat Pimpinan (Rapim) TNI Tahun 2021 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (16/2/2021).

Prabowo menekankan para peserta Rapim untuk saling meningkatkan kerjasama yang erat dalam rangka tercapainya pembangunan postur kekuatan pertahanan negara yang tidak terlepas dari rancang bangun para pendiri bangsa dan tertuang dalam UUD 1945 yakni sistem pertahanan rakyat semesta.

Pada Pasal 27 ayat (3) UUD 1945, kata Prabowo, mengamanatkan setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.

Baca juga: Prabowo Subianto : Kader Gerindra Tidak Boleh Lupa Diri dan Besar Kepala 

Hal tersebut kemudian dilanjutkan dengan Pasal 30 ayat (1) dengan penegasan pernyataan tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.

"Dua kali dalam satu konstitusi, dua kali para pendiri bangsa menegaskan sistem pertahanan kita, artinya sistem pertahanan kita adalah pertahanan keamanan rakyat semesta, yang melibatkan seluruh rakyat ikut memikul tanggung jawab," kata Prabowo dalam keterangan resmi Biro Humas Setjen Kementerian Pertahanan, Selasa (16/2/2021).

Rapim TNI Tahun 2021 mengambil tema "TNI Kuat, Solid, Profesional, Dicintai Rakyat, Siap Mendukung Percepatan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi, serta Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa Demi Keutuhan NKRI".

Baca juga: Prabowo Subianto Minta Kadernya Siap Difitnah, Dikhianati, Dihujat Tapi Tetap Cinta Tanah Air 

Kegiatan tersebut dilaksanakan melalui tatap muka dan video conference.

Peserta yang mengikuti Rapim TNI Tahun 2021 sebanyak 333 orang.

Dari 333 orang tersebut 75 orang di antaranya terdiri dari para Kepala Staf Angkatan, para Perwira Tinggi (Pati) TNI Bintang Tiga dan Dua dari Mabes TNI dan Mabes Angkatan, Pati Bintang Tiga dari Kementerian atau Lembaga, perwakilan Pati Wanita TNI, dan perwakilan Kolonel Alumni 1994 sampai 1998.

Baca juga: Prabowo Subianto Serahkan 40 Rantis Maung Buatan Pindad Kepada TNI Usai Rapim Kemhan 2021

Sedangkan untuk video conference diikuti sebanyak 258 orang di 72 lokasi, yang terdiri dari Pati bintang tiga, Pati bintang dua, Pati bintang satu struktural Mabes TNI dan Angkatan dan Pati bintang dua yang non struktural di Kementerian atau Lembaga.

Pada kesempatan tersebut Prabowo didampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Hadir pula pejabat Kemhan antara lain Wakil Menteri Pertahanan M Herindra, Sekjen Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto, Irjen Kemhan Letjen TNI Ida Bagus Purwalaksana, dan dan Rektor Unhan Laksdya TNI Amarulla Oktavian.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved