Breaking News:

TNI-Polri Tembak Anggota KKSB yang Telah Tandatangani Surat Pernyataan Perang 

Aparat Gabungan TNI-Polri telah menembak tiga anggota Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) pada Senin (15/2/2021).

TRIBUNNEWS.COM/PUSPEN TNI
Kontak tembak kembali terjadi di Intan Jaya, Papua. Kontak tembak terjadi di Kampung Titigi, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya. Personel Satgas Yonif Raider 400/BR yang sedang patroli untuk menjamin keamanan warga masyarakat, ditembak KKB pada Jumat (6/11/2020). Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III (Kapen Kogabwilhan III), Kolonel Czi IGN Suriastawa dalam rilis tertulisnya menyebutkan 2 prajurit TNI ditembak, 1 diantaranya gugur atas nama Pratu Firdaus. Saat ini sedang dilaksanakan proses evakuasi korban, " katanya. Kolonel Czi Suriastawa juga menyampaikan, bahwa kejadian ini menambah daftar korban jiwa di Intan Jaya. Bukan hanya prajurit TNI-Polri yang memang bertugas, warga sipil juga jadi sasaran kebiadaban KKB, " ujarnya. Dan kemarin kita mendengar pernyataan Bupati Intan Jaya tentang kelakuan KKB yang suka mengambil dana desa. Selebaran permintaan dana kepada masyarakat juga beredar. Dan ini semua menunjukkan bahwa KKB dan pendukungnyalah akar masalah di Papua. TRIBUNNEWS.COM/PUSPEN TNI 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Aparat Gabungan TNI-Polri telah menembak tiga anggota Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) pada Senin (15/2/2021).

Dua di antaranya diketahui telah menandatangani surat pernyataan perang kepada TNI dan Polri. 

Mereka ditembak karena berusaha merampas senjata aparat gabungan di Puskesmas Sugapa Intan Jaya Papua pada Senin (15/2/2021).

Kejadian tersebut bermula saat Tim TNI melakukan pengejaran pelaku penembakan terhadap Prada Ginanjar Arianda anggota Satgas Yonif R 400/BR, dan memeriksa satu orang laki-laki. 

Baca juga: Video Detik-detik TNI Baku Tembak dengan KKB Papua

Saat pemeriksaan, orang tersebut yang kemudian diketahui bernama Janius Bagau tiba-tiba melarikan diri dengan meloncat ke jurang.

Tim terpaksa menembak yang bersangkutan setelah tembakan peringatan dan seruan untuk kembali tidak diindahkannya. 

Dengan luka tembakan dibagian tangan orang tersebut melarikan diri lompat ke jurang.

Beberapa waktu kemudian diperoleh informasi dari warga adanya satu orang warga yang diduga anggota KKSB dengan luka tembak dibawa ke Puskesmas oleh Kepastoran Gereja Katolik Bilogai dan beberapa orang masyarakat lainnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan dan dicocokkan dengan KTP yang didapatkan, orang tersebut dipastikan bernama Janius Bagau.

Janius adalah anggota KKSB yang sering melakukan aksi teror di Sugapa yang menandatangani surat pernyataan perang kepada TNI-Polri beberapa waktu yang lalu.

Halaman
12
Penulis: Gita Irawan
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved