Breaking News:

Secercah Harapan Bapak Milenial Pengguna KPR BTN Kala Pandemi

Program-program di tengah pandemi membuat pengguna KPR BTN merasa diringankan, termasuk soal angsuran cicilan rumah bulanan

TribunSolo.com/Chrysnha Pradipha
Dodi Bangun Raharjo di rumahnya di Perumahan Pesona Tapan, Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah 

TRIBUNNEWS.COM – Ingatan Dodi Bangun Raharjo seakan kembali ke empat tahun lalu. Waktu di mana lakunya dituntun pada sebuah hunian di pinggir kota tak jauh dari tempatnya mengadu keringat.

Papan baliho bertulis Akan Segera Dibangun Rumah Subsidi membuatnya bergariah. Si bujang kemudian menyempatkan waktu menuju calon lokasi perumahan, sekitar 2 kilometer dari Kota Solo.

“Sampai di lokasi sepertinya cocok, apalagi lihat site plan bangunan tambah yakin. KPR BTN sesuai, ya langsung ambil,” celetuk pria kelahiran 1992 itu.

Selangkah lagi memantapkan keinginannya memiliki rumah di usia 25 tahun, Dodi membereskan semua persyaratan. Satu per satu dokumen ia kumpulkan lalu diantarnya ke pusat bank.

Baca juga: Gairahkan Pasar Properti, BTN Tawarkan Suku Bunga KPR 4,71 Persen

Dodi saat itu berambisi harus memiliki rumah yang diincarnya. Karena baginya, harga dan angsuran yang ditawarkan memang tidak ada duanya.

Selain mendapat keringanan berupa subsidi dari Pemerintah, suku bunga angsuran yang dibayarkan setiap bulan diungkapnya tak berubah hingga akhir angsuran alias flat.

Pekerja saat melintas ditengah proyek pembangunan perumahan bersubsidi di kawasan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (16/2/2021). PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. menawarkan berbagai program untuk mendorong pembiayaan pemilikan rumah diantaranya suku bunga kredit pemilikan rumah (KPR) sebesar 4,71%, promo bebas biaya provisi, admin, dan proses dengan jangka waktu KPR hingga 30 tahun. BTN menargetkan dapat  menyalurkan KPR khususnya rumah subsidi sebanyak 200 ribuan unit pada tahun 2021. Tribunnews/Jeprima
Pekerja saat melintas ditengah proyek pembangunan perumahan bersubsidi di kawasan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (16/2/2021). PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. menawarkan berbagai program untuk mendorong pembiayaan pemilikan rumah diantaranya suku bunga kredit pemilikan rumah (KPR) sebesar 4,71%, promo bebas biaya provisi, admin, dan proses dengan jangka waktu KPR hingga 30 tahun. BTN menargetkan dapat menyalurkan KPR khususnya rumah subsidi sebanyak 200 ribuan unit pada tahun 2021. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/JEPRIMA)

Kendati ia harus berkorban 40 persen dari gajinya untuk mencicil angsuran, namun Dodi tetap teguh pendirian memliki rumah subsidi di Perumahan Pesona Tapan, Ngemplak, Boyolali.

“Dibilang nekat iya, tapi nekat yang analitik, pakai hitung-hitungan,” ucapnya.

Baca juga: Di Tengah Pandemi, BTN Raup Keuntungan Rp 1,60 Triliun 

Faktor aji mumpung  juga membuatnya ingin berpindah dari kontrakan Rp 600 ribu per bulan yang ia tempati semasa kuliah hingga bekerja. Ia memperhitungkan, lebih baik mengangsur Rp 800 ribuan per bulan untuk rumah sendiri daripada untuk kontrakan.

Tak butuh waktu lama, akhirnya waktu akad tiba. Ia resmi memiliki hunian sebelum tanggal pernikahannya datang.

Halaman
1234
Penulis: Facundo Chrysnha Pradipha
Editor: Gigih
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved