Breaking News:

Pengamat: Survei LSI Soal Kepuasan Menteri Tak Bisa Jadi Patokan Kinerja

"Saya pikir belum bisa jadi patokan karena survei tersebut lebih berupaya mencari respons publik terhadap capaian pemerintah," kata Wasisto.

Tribunnews.com/Taufik Ismail
Ilustrasi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Wasisto Raharjo Jati menilai survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) tentang kepuasan terhadap menteri tak bisa menjadi patokan kinerja para anak buah Presiden Joko Widodo tersebut.

Dalam survei terbarunya, LSI menyatakan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno meraih tingkat kepuasan publik tertinggi dibanding menteri lainnya dalam Kabinet Indonesia Maju.

Baca juga: Hasil Survei LSI: Prabowo dan Sandiaga Uno Jadi Menteri Jokowi yang Kinerjanya Paling Memuaskan

"Saya pikir belum bisa jadi patokan karena survei tersebut lebih berupaya mencari respons publik terhadap capaian pemerintah," kata Wasisto kepada wartawan, Sabtu (27/2).

Wasisto mengatakan survei LSI tersebut lebih mengedepankan persepsi masyarakat. Menurutnya, persepsi masyarakat ini menghasilkan pandangan subjektif terhadap popularitas.

"Saya pikir kalau dasar survei itu adalah soal persepsi responden. Itu bisa menghasilkan pandangan subjektif baik itu kinerja maupun popularitas," ujarnya.

Wasisto menyebut persepsi memuaskan terhadap Prabowo dan Sandi juga tak terlepas dari persepsi pendukung mereka di Pilpres 2019 yang masih ada.

"Karena Sandi maupun juga Prabowo secara tidak langsung masih mempunyai basis kantong pemilih dan tentunya itu tidak bisa dielakkan begitu saja," katanya.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved