Breaking News:

Penanganan Covid

Kasus Harian Covid-19 Tren Menurun, Publik Diminta Tidak Lengah

Pelaksanaan vaksinasi dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dinilai berhasil menekan kasus positif Covid-19 di tanah air.

Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Petugas medis Dinas Kesehatan Kota Bandung menyuntikkan vaksin Covid-19 Sinovac dosis pertama kepada pekerja/pedagang pada pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di 23 Paskal Shopping Centre, Jalan Pasirkaliki, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (3/3/2021). Pemerintah Kota Bandung mulai melakukan vaksinasi Covid-19 tahap kedua kepada para pekerja dan pedagang di pusat perbelanjaan atau mal yang masuk kategori pelayanan publik, sebagai bentuk konkret dalam menjaga kedinamisan kegiatan perdagangan. Kegiatan vaksinasi Covid-19 tahap kedua dosis pertama di mal ini diberikan kepada 200 pelayan yang bertugas langsung dengan publik. Tribun Jabar/Gani Kurniawan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Meski kasus harian Covid-19 menunjukkan tren menurun belakangan ini, publik diminta tidak lengah dan cepat berpuas diri.

Protokol kesehatan harus tetap dijalankan secara efektif dan disiplin.

"Kita anjurkan ke semua dalam setiap kesempatan bahwa protokol kesehatan harga mati, karena itu paling efektif," ujar Anggota Komisi IX DPR Rahmad Handoyo dalam pernyataannya, Minggu (7/3/2021).

Menurut Rahmad pelaksanaan vaksinasi dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dinilai berhasil menekan kasus positif Covid-19 di tanah air.

"PPKM pantas kita apresiasi karena menunjukkan tren positif. Yang terpapar mulai menurun. Jadi saya kira PPKM cukup berhasil," kata Rahmad.

Rahmad mengajak semua kalangan menyukseskan program vaksinasi Covid-19.

Baca juga: Jokowi: Jangan Ragu Vaksinasi Covid-19, Kita Berkejaran dengan Waktu

Baca juga: 300 Orang Staf Bandara Soetta Terima Vaksinasi Covid-19

Menurut dia vaksinasi akan menambah optimisme dalam mengendalikan Covid-19. Dia menilai vaksin menjadi salah satu kunci penting dalam upaya pengendalian Covid-19.

"Pertama adalah protokol kesehatan, yang kedua adalah program vaksinasi berjalan sukses, sehingga terbentuk herd immunity, sehingga kekebalan kelompok di masyarakat terbentuk. Otomatis untuk melawan Covid-19 kita semakin bisa mengendalikan," kata Rahmad.

Rahmad mengatakan, jika sudah terbentuk herd immunity, maka dampak paparan virus tidak akan terlalu parah.

"Itu maksud dan makna penggunaan vaksin. Mari kita sukseskan vaksinasi dalam menciptakan kekebalan berkelompok," ujar Rahmad.

Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved