Breaking News:

KPK Menyidik Kasus Korupsi Pengadaan Barang Tanggap Darurat Covid-19 di Bandung Barat

"KPK telah selesai melakukan penyelidikan dan ditemukan adanya kecukupan alat bukti," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri.

Tribunnews.com/Ilham Rian Pratama
Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan tengah melakukan penyidikan terkait kasus dugaan korupsi pengadaan barang tanggap darurat bencana pandemi Covid-19 pada Dinas Sosial Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat Tahun 2020.

"KPK telah selesai melakukan penyelidikan dan ditemukan adanya kecukupan alat bukti," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri melalui keterangannya, Selasa (16/3/2021).

"Maka benar saat ini KPK telah menaikkan ke tahap penyidikan kasus dugaan TPK (tindak pidana korupsi) pengadaan barang tanggap darurat bencana Pandemi Covid-19  pada Dinas Sosial Pemda Kabupaten Bandung Barat Tahun 2020," imbuhnya.

Baca juga: Rumah Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Digeledah Penyidik KPK

Namun sayangnya, KPK belum bisa menguraikan secara lengkap kasus ini, termasuk pihak-pihak yang telah dijadikan tersangka.

Kata Ali, pengumuman tersangka akan disampaikan saat tim penyidik KPK telah melakukan upaya paksa penangkapan atau penahanan kepada para tersangka.

"Tim penyidik KPK saat ini dan waktu kedepan masih menyelesaikannya tugasnya lebih dahulu," katanya.

KPK memastikan pada waktunya akan memberitahukan kepada masyarakat tentang konstruksi perkara, alat bukti, serta akan dijelaskan siapa yang telah ditetapkan sebagai tersangka beserta pasal sangkaannya. 

"Namun demikian, sebagai bentuk keterbukaan informasi kami memastikan setiap perkembangan penanganan perkara ini akan kami sampaikan kepada masyarakat," kata Ali.

Di sisi lain, saat ini sejumlah penyidik dari KPK melakukan penggeledahan ke rumah pribadi dan kantor dinas Bupati Bandung Barat Aa Umbara, Selasa (16/3/2021).

Baca juga: Terkait Pencarian Buronan, KPK Tegaskan Kerja Sama dengan Institusi Lain

Adapun rumah pribadi Aa Umbara berlokasi di Jalan Murhadi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Sedangkan Kantor Bupati Bandung Barat di Kawasan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

"KPK sedang melakukan beberapa kegiatan terkait dengan pemeriksaan saksi maupun pencarian barang bukti tentang dugaan perkara suatu pidana," kata Ketua KPK Firli Bahuri saat ditemui dalam acara KPK di Padalarang, Bandung Barat.

Selain rumah pribadi Aa Umbara, penyidik KPK juga melakukan penggeledahan terhadap rumah pribadi lainnya milik Aa Umbara.

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved