Breaking News:

PMO Kartu Prakerja Klaim  Sudah Jalankan Semua Rekomendasi KPK

Semua pelaksanaan Program Kartu Prakerja sudah sesuai prosedur termasuk soal penunjukan mitra yang bukan merupakan bentuk pengadaan barang dan jasa

TRIBUNNEWS.COM/SRI JULIATI
Seorang warga mengakses situs resmi Kartu Prakerja, www.prakerja.go.id. Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 14 resmi dibuka pada Kamis (11/3/2021) hari ini pukul 12.00 WIB. Link pendaftaran tetap dengn login di www.prakerja.go.id, kuota yang tersedia 600 ribu. 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail 

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA  - Program Kartu Pra Kerja yang digagas Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah genap berjalan satu tahun ditandai dengan terbentuknya Manajemen Pelaksanaan Program Kartu Pra-Kerja pada  17 Maret  2020 lalu.

"Di awal program ini hanya ada 15 orang dan ini dilaunching tepat 60 hari pada tanggal 11 April 2020 hingga gelombang ke-14, saat ini pendaftarnya mencapai 55,6 juta dari 514 kabupaten kota di 34 provinsi dari Sabang sampai Merauke dari miangas sampai Pulau Rote," kata Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di Istana Negara, Jakarta, Rabu, (17/3/2021).

Dalam perjalanannya Program Kartu Pra Kerja terus melakukan perbaikan.

Bulan Juni 2020, KPK pernah meminta pemerintah memperbaiki Program Kartu Prakerja secara menyeluruh sesuai rekomendasi mereka. 

KPK menyatakan menemukan empat aspek permasalahan dalam tata laksana program yang perlu diperbaiki sebelum melanjutkan program, antara lain proses pendaftaran, kemitraan dengan digital platform, materi pelatihan, dan pelaksanaan program.

Pihak KPK menjelaskan, salah satu permasalahan disebabkan karena desain Program Kartu Prakerja sesuai Perpres Nomor 36 Tahun 2020 disusun untuk kondisi normal.

Baca juga: Bertahan di Era Pandemi, SAS Designs Tawarkan Home Service Untuk Seluruh Indonesia

Namun, dalam situasi pandemi Covid-19, program ini kemudian diubah menjadi semi-bantuan sosial.

Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja telah menerima surat dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang memastikan bahwa Program Kartu Prakerja sudah tidak memiliki masalah.

Artinya, semua rekomendasi KPK terkait tata laksana pada Program Kartu Prakerja telah dilaksanakan dengan baik.

Halaman
123
Penulis: Taufik Ismail
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved