Breaking News:

Antisipasi Calo, Ujian CPNS 2021 akan Gunakan Teknologi Face Recognition 

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan tengah mengupayakan sebuah cara. 

Surya/Ahmad Zaimul Haq
Peserta seleksi kompetisi bidang (SKB) bagi CPNS Pemkot Surabaya bersiap mengikuti tes di GOR Pancasila, Kota Surabaya, Jawa Timur, Selasa (22/9/2020). Seleksi itu menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat, mulai dari mengenakan masker, pelindung wajah, dan sarung tangan serta jarak antar peserta tes, termasuk memisahkan peserta dengan hasil rapid tes reaktif dalam bilik khusus. Sebanyak 1.142 orang mengikuti SKB CPNS Pemkot Surabaya selama 3 hari di mana dalam satu hari terdapat 3 sesi dengan peserta sebanyak 140 orang. Surya/Ahmad Zaimul Haq 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) selalu diwarnai kehadiran para calo CPNS setiap tahunnya.

Demi mencegah hal tersebut di penerimaan CPNS 2021, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan tengah mengupayakan sebuah cara. 

Caranya adalah dengan menggunakan face recognition yang dapat memindai wajah peserta ujian.

Dengan begitu, calo CPNS dapat diketahui dan diamankan. 

"Untuk menjaga jaminan security daripada tesnya, kami membuat aplikasi face recognition. Ini bisa melihat wajah dari peserta ujian. Jadi enggak memungkinkan ada calo," ujar Bima, dalam rapat kerja dengan Komisi II DPR RI, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (24/3/2021). 

Baca juga: Menteri Tjahjo Akui Banyak Calo Gentayangan Tiap Penerimaan CPNS, Ini Buktinya

Bima pun meyakini era saat ini akan berbeda dengan era lalu dimana calo atau joki dapat dengan mudahnya membaur dalam ujian. 

"Kalau dulu masih mungkin ada calo masuk atau joki, untuk yang sekarang ini nggak bisa lagi. Jadi (teknologi face recognition) bisa untuk menetralkan upaya-upaya untuk menggunakan joki dalam tes CPNS," imbuh Bima.

Pernyataan senada disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo.

Tjahjo mengatakan banyak calo bergentayangan tiap kali ada penerimaan CPNS. 

"Pada forum yang terhormat ini kami sudah mengimbau karena setiap ada CPNS ini yang namanya pasukan calo ini bergentayangan di mana-mana. Saya kira setiap tahun ini pasti ada," ujar Tjahjo. 

Halaman
12
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved