Breaking News:

Kebakaran di Kilang Minyak Balongan

Kesaksian Nian Saat Kilang Balongan Terbakar, Nyala Apinya Seperti Semburan Naga

Beberapa pohon pisang milik warga hangus terbakar akibat semburan api di Kilang Balongan.

Screenshot Youtube
Api dengan asap hitam pekat masih membumbung tinggi di kilang minyak Balongan yang dikelola RU VI Pertamina di Kecamatan Balongan, Indramay,u, Jawa Barat, Senin (29/3/2021) pagi. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, INDRAMAYU - Nian, warga desa Sukaurip, Blok Wisma Jati, Kecamatan Balongan, Indramayu, Jawa Barat melihat sambaran api yang sangat luas saat terjadi ledakan di kilang minyak Pertamina RU VI, Senin (29/3/2021) dini hari.

Dia dan para tetangga yang tinggal sekitar 500 Meter dari lokasi kejadian, menyatakan, saat Kilang Balongan meledak layaknya seekor naga yang menyemburkan api dalam sebuah film legenda.

"Orang (jangkauan apinya) kaya semburan naga, tapi untungnya pada selamat semua warganya," kata Nian kepada Tribunnews.com, di pelataran rumahnya," Senin (29/3/2021).

Akibatnya kata Nian, beberapa pohon pisang milik warga hangus terbakar akibat semburan api tersebut.

Baca juga: Kesaksian Warga Saat Kilang Balongan Pertamina Meledak, Udara Panas hingga Pakai 4 Kipas Angin

Para warga juga panik saat diminta untuk mengevakuasi diri, tidak sedikit yang berlarian menuju akses belakang desa yang jaraknya memutar guna menjauh dari lokasi ledakan.

Baca juga: Hingga Senin Malam, Api di Kilang Balongan Pertamina Masih Menyala Disertai Bau Gas Menyengat

"Warga pada keluar semua lewat (jalur) belakang gak ada yang berani lewat depan karena apinya mercik-mercik ke jalan. Pohon pisang juga pada kena (kebakar)," tuturnya disertai raut muka yang serius.

Nian melanjutkan, saat ledakan di Kilang Balongan terjadi, dirinya mendengar dentuman yang sangat keras. Ledakan itu terdengar usai adanya petir yang menyambar.

Bahkan, pria asli Kecamatan Balongan itu sempat merasa ketakutan yang berlebih akibat adanya ledakan itu.

Saking kerasnya suara ledakan dari Kilang Balongan, Nian sempat menyempatkan diri tiarap di pelataran rumah sebelum akhirnya dievakuasi dan diarahkan untuk mengungsi.

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved