Breaking News:

Cuaca Ekstrem di Indonesia Timur

Pemerintah Bangun Rumah Warga yang Rusak Berat Akibat Bencana di NTB dan NTT

Kementerian dan lembaga di bawah kendali BNPB juga memberikan dukungan kepada pemerintah daerah terdampak siklon tropis tersebu

Humas BNPB
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo meninjau posko pengungsian di Lewoleba, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (6/5/2021). 

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengatakan bahwa pemerintah akan membantu pembangunan rumah warga yang rusak akibat bencana badai siklon tropis seroja di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Pemerintah sebagaimana yang telah ditugaskan oleh Presiden, BNPB itu akan membangun rumah rumah yang rusak berat, rusak sedang dan juga rusak ringan," kata Doni usai rapat terbatas dengan Presiden Jokowi, Selasa, (6/4/2021).

Adapun anggaran yang disiapkan pemerintah pusat untuk membangun rumah warga tersebut bervariasi.

Untuk rumah yang rusak berat yakni sebesar Rp 50 juta, rusak sedang Rp 25 juta rupiah dan rusak ringan sebesar Rp 10 juta.

Baca juga: BNPB: 11 Daerah Terdampak Badai Siklon Tropis Seroja

Sembari menunggu renovasi rumah yang rusak tersebut, warga kata Doni tinggal di pengungsian.

Agar tidak menimbulkan kerumunan di lokasi pengungsian pemerintah juga, kata Doni menyiapkan anggaran bagi warga untuk menyewa rumah. 

"Dengan memberikan bantuan dana siap pakai, dana hunian kepada setiap keluarga," katanya.

Hanya saja kata Doni,  untuk hunian sementara tersebut harus diajukan oleh pemerintah daerah kepada BNPB. pemerintah daerah yang akan mendata pengungsi tersebut.

"Hal ini dilakukan agar tidak terlalu banyak terjadinya kerumunan dan di tempat-tempat pengungsian," katanya.

Untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19 di lokasi pengungsian, pemerintah akan mendistribusikan alat rapid tes antigen.

Halaman
123
Penulis: Taufik Ismail
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved