Breaking News:

Pemerintah Sudah Cairkan Total Rp 31,1 Miliar Insentif kepada 4.686 Tenaga Kesehatan

Kementerian Kesehatan juga menyalurkan tunggakan insentif sebesar Rp 26 miliar kepada 4.603 nakes.

WARTA KOTA/WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN
Menteri Kesehatan Budi Gunadi yang di dampingi Wakil Ketua Komisi IX DPR Charles Honoris, komisaris dan direktur Lippo meninjau pemberian vaksin buat lansia dilaksanakan di Lippo Mall Puri, Kembangan Jakarta Barat, Selasa(9/3/2021). Lippo Mall Puri menyiapkan area yang mampu melayani 500 peserta vaksin dan akan ditingkatkan menjadi 1.000 peserta vaksin per hari sesuai kuota dari Kemenkes. Dalam pelaksanaannya dilakukan dengan dukungan tenaga kesehatan yang disiapkan oleh Siloam Hospitals Group. Setiap harinya layanan vaksin lansia beroperasi pada hari Senin hingga Sabtu, mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB selama tiga bulan ke depan dan dapat diperpanjang sesuai dengan kebutuhan. Layanan vaksinasi di Lippo Mall Puri akan memprioritaskan masyarakat yang memiliki KTP DKI Jakarta untuk membantu percepatan program vaksinasi khususnya di wilayah Jakarta Barat dan juga wilayah DKI Jakarta. Warta Kota/henry Lopulalan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menuturkan, dalam sepekan ini pemerintah telah mencairkan insentif kepada tenaga kesehatan (nakes) total Rp 31,1 miliar.

Ia mengatakan dalam akun twitternya, sejak 12 - 16 April 2021 pemerintah membayarkan insentif kepada 4.686 tenaga nakes.

Jumlah itu sekitar 82 persen dari total pengajuan insentif yang tertuang dalam surat perintah membayar langsung (SPM-LS) sebanyak 5.253 nakes.

Sementara untuk fasilitas kesehatan (faskes) yang mengajukan sebanyak 19 faskes, dimana 10 faskes yang berhasil disalurkan.

Selain itu, Kementerian Kesehatan juga menyalurkan tunggakan insentif sebesar Rp 26 miliar kepada 4.603 nakes.

"(jumlah pembayaran) akan terus bertambah per hari. Seluruh Kemenkes saya minta kerja keras," tulis Budi yang dikutip Tribunnews.com, Minggu (18/4/2021).

Insentif Dibayarkan Langsung ke Rekening Nakes

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan menerbitkan aturan baru terkait insentif bagi tenaga kesehatan yang menangani COVID-19.

Aturan tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) nomor HK.01.07/MENKES/4239/2021 tentang Pemberian Insentif dan Santunan Kematian bagi Tenaga Kesehatan yang Menangani COVID-19.

Ada beberapa pembaruan aturan dalam KMK tersebut.

Halaman
12
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved